Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, April 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jenis Olahraga yang Bisa Selamatkan Tulang Seiring Bertambahnya Usia

Ilustrasi (Dok. iStock)

Topcareer.id – Seiring bertambahnya usia, tubuh kita akan merasa semakin lemah dari waktu ke waktu. Tubuh kita mulai menyerap kembali kalsium dan fosfat daripada menyimpannya di tulang kita, kondisi ini lama-lama bisa menyebabkan osteoporosis.

Tetapi ada cara untuk membantu mengawetkan tulangmu dan itu lebih sederhana dari yang kamu kira. Penelitian baru menunjukkan bahwa penyakit tulang degeneratif dapat ditunda dengan mengonsumsi vitamin dan berolahraga secara teratur.

“Kami tahu bahwa olahraga sangat baik untukmu, tetapi kami mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang mengapa itu baik untukmu. Kemajuan penting dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi cara baru di mana olahraga memperkuat tulang dan fungsi kekebalan kita,” kata Sean Morrison, penulis senior dari makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal, nature, mengutip Ladders.

Morrison, dari Children’s Medical Research Institute di UT Southwestern, dan rekannya menetapkan bahwa kebiasaan aktivitas fisik mendorong regenerasi tulang dan respons kekebalan yang sehat pada orang dewasa yang lebih tua.

Lebih bijaksana lagi, latihan berdampak tinggi seperti melompat, berlari, dan climbing tampaknya merangsang produksi agen yang diproduksi di sumsum tulang yang penting untuk pertahanan tubuh melawan penyakit dan penuaan.

Baca juga: Tips Tetap Ramping Tanpa Diet Ketat

Penelitian pada tikus-tikus ini ditempatkan di roda latihan sementara kepadatan tulang dan komposisinya dievaluasi.
Hasil tes mengungkapkan bahwa gerakan teratur menginduksi sel stroma untuk menghasilkan sel tulang dan sel respon imun yang dikenal sebagai osteosit pada tikus tua. Kelompok ini juga membuktikan tulang yang lebih padat dan lebih tebal.

Namun, ketika osteosit ditekan, tikus memiliki waktu yang jauh lebih sulit untuk melawan infeksi bakteri. Meskipun melakukan latihan yang berdampak pada tulang tampaknya berkorelasi dengan kekuatan yang berkepanjangan di antara populasi lansia, para peneliti perlu melakukan analisis lebih lanjut untuk menentukan apakah hasil laporan terbaru mereka akan diterjemahkan ke dalam sampel manusia.

“Kami tidak bisa mengatakannya dengan pasti. Tapi ada tingkat kemiripan yang luar biasa antara sistem pembentuk darah pada tikus dan sistem pembentuk darah pada manusia,” Morrison menyimpulkan.

Para ahli menyarankan untuk mempertimbangkan 8 hal berikut yang bisa secara alami mendukung kesehatan tulang hingga usia tua:

  • Makan banyak sayuran. Sayuran sangat bagus untuk tulang
  • Lakukan latihan kekuatan dan latihan menahan beban
  • Konsumsi protein yang cukup
  • Makan makanan tinggi kalsium sepanjang hari
  • Konsumsi vitamin D dan vitamin K
  • Hindari diet sangat rendah kalori
  • Pertimbangkan mengambil suplemen kolagen
  • Pertahankan berat badan yang stabil dan sehat.

Yuk, berolahraga biar tubuh sehat.**(Feb)

Tinggalkan Balasan