Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Alasan Olahraga Jalan Kaki Lebih Baik daripada Lari (Bagian 2)

Ilustrasi. (dok. Harvard Health)

Topcareer.id – Jika suka olahraga jalan kaki dan berlari, kamu mungkin pernah bertanya mana yang lebih baik.

Jalan bisa membuatmu menempuh jarak yang lebih jauh daripada berlari dan membakar lebih banyak kalori, sementara berlari pun juga bisa membuatmu lebih bugar.

Intinya adalah berjalan dan berlari merupakan cara terbaik untuk menjadi bugar. Namun, berjalan kaki memiliki keuntungan berbeda yang mungkin membuatnya lebih menarik bagi sebagian orang daripada berlari.

Berikut ini 8 alasan mengapa olahraga berjalan lebih baik daripada berlari

Bagian kedua dari artikel:

5) Berkeringat lebih sedikit
Di banyak iklim, kamu bisa olahraga berjalan kaki tanpa perlu mandi sesudahnya karena berjalan tidak menghasilkan keringat terlalu banyak, sementara olahraga lari memerlukannya. Lebih kecil juga kemungkinannya untuk mengalami mual akibat berlari di bawah cuaca panas.

Baca Juga: Jenis Olahraga yang Bisa Selamatkan Tulang Seiring Bertambahnya Usia

6) Tidak ada persiapan atau pakaian khusus
Pelari harus mengenakan pakaian lari mereka, sementara pejalan kaki sering kali dapat berjalan dengan pakaian apa pun yang mereka kenakan, mungkin hanya dengan beralih ke sepatu yang nyaman. Kamu juga bisa berjalan-jalan sehat dan cepat tanpa bersiap-siap. Berjalan juga bisa dilakukan dalam perjalananmu menuju kantor. Bahkan di kantor pun bisa dilakukan untuk membantu mengurangi waktu duduk lama yang bisa meningkatkan risiko kesehatan.

7) Pejalan kaki tidak pernah kehabisan tenaga
Pelari jarak jauh harus menghabiskan semua bahan bakar yang tersedia dalam tubuh dan mengalami kelelahan ekstrem. Pejalan kaki umumnya tidak perlu walau berjalan jauh karena mengandalkan sumber energi aerobik. Pejalan kaki dapat mengisi bahan bakar saat mereka mau berangkat, dan tubuh mereka memiliki waktu yang diperlukan untuk mencerna serta menggunakan bahan bakar tersebut.

8) Jalan kaki bisa membantu menurunkan berat badan
Jalan kaki 1 jam setiap hari dapat membantumu membakar kalori dan pada gilirannya bisa menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, 11 wanita dengan kelebihan berat badan kehilangan rata-rata 7,7 kg atau 10% dari berat badan awal mereka setelah 6 bulan rutin olahraga berjalan setidaknya 30 menit hingga 1 jam setiap hari.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply