Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Terbangun di Tengah Malam? Ini Tips agar Tertidur Kembali

Terbangun dari tidur. Dok/WebMDTerbangun dari tidur. Dok/WebMD

Topcareer.id – Setiap orang terkadang mengalami gangguan tidur seperti terbangun di tengah malam atau dini hari. Penyebabnya bisa jadi kegelisahan, insomnia, atau beberapa gangguan kesehatan.

Dalam kasus ini, banyak orang gagal untuk bisa tidur kembali, meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin, Akhirnya, risiko kurang tidur pun jadi bayarannya.

Apapun yang membangunkanmu di malam hari, tetaplah tenang. Ikuti tips berikut ini untuk kembali tertidur dalam waktu singkat.

1) Jangan memperhatikan jam
Menatap menit-menit jam yang berlalu dan menyadari seberapa banyak kamu kehilangan waktu tidur hanya akan membuat kamu stres, yang mana bisa mengaktifkan sistem saraf dan membuatmu merasa lebih waspada sehingga gagal mengantuk. Pasanglah jam di lokasi yang tidak langsung menghadap dirimu.

2) Latihan pernapasan dalam dan relaksasi otot progresif
Jagalah pikiran dan tubuh tetap rileks dengan memberikan pikiranmu hal lain untuk difokuskan, selain fakta bahwa kamu tidak bisa tidur. Regangkan dan rilekskan setiap kelompok otot secara progresif, dari kepala hingga jari kaki, atau seringlah melakukan latihan pernapasan dalam.

3) Jauhkan elektronik
Jika kamu tergoda untuk mengalihkan perhatian dengan menonton TV atau memeriksa Facebook saat terbangun di tengah malam. Tahan keinginan itu dan jauhi smartphone atau remote tv. Cahaya biru di perangkat ini memberi energi pada otak kamu dan menipunya untuk berpikir bahwa ini sudah siang.

Baca juga: Elon Musk Akan Lakukan Uji Coba Pemasangan Chip Pada Otak Manusia Tahun Ini

4) Renungkan atau visualisasikan
Jaga pikiran tetap tenang dengan meditasi atau latihan visualisasi. Fokuskan pikiran kamu pada sesuatu selain kecemasan tidak bisa tidur. Banyak aplikasi ponsel cerdas menawarkan meditasi terpandu. Cukup buka dengan cepat aplikasinya dan letakkan ponsel kembali.

5) Tinggalkan ruangan jika masih terjaga setelah 15 menit
Jika kamu merasa sudah sekitar lebih dari 15 hingga 20 menit berlalu, bangunlah dari tempat tidur dan tinggalkan kamar. Beristirahatlah di sofa atau lakukan aktivitas yang membosankan dengan cahaya lampu redup di ruangan lain. Kuncinya adalah menghentikan otak kamu mengasosiasikan tempat tidur dengan kesulitan tidur.

6) Jangan makan
Makan bisa memberi energi pada tubuh, dan kamu tentunya tidak ingin otak kamu mulai berpikir tengah malam adalah waktu yang tepat untuk mulai makan.

7) Jaga kamar tidur tetap sejuk dan gelap
Jangan nyalakan lampu utama kamar. Gunakan lampu tidur dengan cahaya redup dan gunakan hanya saat kamu bangun dan harus keluar kamar atau ke kamar mandi.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan