Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, November 28, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kurang Tidur dalam Sehari, Ini Efek Buruk yang Menanti Kamu

Foto Ilustrasi (Digitaltren)

Topcareer.id – Jangan pernah sepelekan masalah kurang tidur, apalagi jika kamu masih mempertahankan kebiasaan begadang di masa pandemi seperti sekarang.

Meskipun tidak jelas bagaimana tidur mempengaruhi fungsi sistem kekebalan tubuh kita, sejumlah penelitian telah menemukan bahwa kurang tidur, hanya satu malam saja, sudah cukup untuk membuat sel T bersirkulasi di dalam darah, dan membuat mereka jadi kurang aktif dalam mempelajari, dan merespons virus yang menyerang. .

Seperti dikutip dari Forbes, ketika tubuh dilarang tidur, sel T juga menjadi kurang dapat berinteraksi dengan sel yang terinfeksi virus, yang secara tak langsung mengurangi kekuatannya untuk melawan infeksi.

Baca juga: Bukan Insomnia, Bisa Jadi Ini Penyebab Kamu Kesulitan Tidur

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dan gangguan tidur dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan sitokin dan histamin pro-inflamasi, yang mengganggu sel T dan sel kekebalan lainnya.

Ada juga bukti bahwa kurang tidur dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk memproduksi antibodi, protein tahan lama yang dibuat tubuh sebagai respons terhadap patogen dan vaksin.

Selain itu, kurang tidur dapat mengurangi respons antibodi terhadap vaksin flu babi, hepatitis A, hepatitis B, dan H1N1. Dan dalam beberapa penelitian, hanya butuh satu malam yang diperlukan untuk melihat efeknya.

Hmm, masih mau begadang?**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan