Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Kafe di Denmark Buka Kembali. Pengunjung Wajib Tunjukan “Paspor Corona”

Ilustrasi. (dok. Mainichi jp)

Topcareer.id – Warga Denmark akhirnya bisa kembali ke kafe, restoran, bar, dan museum mulai hari Rabu (21/4) untuk pertama kalinya.

Setelah dalam beberapa bulan terakhir kafe terpaksa tutup. Kini pelonggaran pembatasan COVID-19 tengah berlangsung berkat penurunan kasus infeksi virus corona.

Kafe dan restoran sebelumnya tutup kecuali untuk membawa pulang pesanan sejak gelombang kedua COVID-19 pada bulan Desember.

Gelombang tersebut telah surut, tidak seperti di negara-negara Eropa tertentu lainnya yang mengalami gelombang ketiga.

Denmark telah mengadopsi sistem “paspor corona” di mana orang dapat menggunakan aplikasi seluler atau formulir yang disetujui pemerintah untuk menunjukkan apakah mereka telah divaksinasi, sebelumnya terinfeksi, atau memiliki tes negatif dalam 72 jam terakhir.

Baca juga: Mengintip Storstrøm, Penjara Paling Manusiawi Di Denmark

Staf di kafe dan restoran bertugas untuk memeriksa paspor corona pelanggan sebelum mereka mengizinkannya masuk.

Sistem tersebut telah menimbulkan beberapa kontroversi, tetapi tampaknya berfungsi dengan lancar pada pelonggaran pembatasan di Denmark, hari Rabu (21/4).

Britt Pedersen (71), seorang pensiunan guru sekolah menengah, menuju ke kafe favoritnya, Kaffesalonen, yang menghadap ke danau di pusat Kopenhagen.

Dia menunjukkan bukti tes negatif baru-baru ini kepada seorang pelayan, dan menambahkan bahwa dia juga telah mendapatkan dosis vaksin pertamanya.

“Saya sudah tidak sabar untuk datang ke sini,” kata Pedersen. “Kaffesalonen adalah tempat di mana saya bisa turun dan mengambil secangkir kopi dan membaca koran harian, buku atau berbicara dengan pelanggan lain.” Ujarnya antusias.

Baca Juga: Penularan Covid-19 Lebih Kecil saat Naik Lift daripada Makan di Restoran

Di antara pengunjung tetap lainnya yang senang kembali ke kafe setelah lockdown adalah Jorn Tolstrup (71).

Ia pensiunan kepala sekolah. Dia berhubungan dengan teman-temannya di Facebook, dan mereka biasanya bertemu di luar ruangan untuk minum kopi.

Menurut Tolstrup, duduk bersama orang terdekat di kafe adalah peningkatan semangat yang pasti.

Data harian terbaru Denmark menunjukkan 803 kasus baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir.

Jumlah ini mirip dengan level harian yang terlihat sejak akhir Januari 2021. Denmark telah memvaksinasi penuh 9% dari populasi negaranya.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan