Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Komunitas

Toean Besar, Pentas untuk Merawat Semangat Ke-Indonesiaan

Topcareer.id – Ketika Indonesia hari ini dipenuhi berbagai persoalan, maka merawat semangat ke-Indonesia-an menjadi sesuatu yang harus secara terus-menerus diupayakan. Dan pentas-pentas Indonesia Kita merupakan ikhtiar itu, melalui jalan berkesenian.

Pentas ke 33 nanti, Indonesia Kita mencoba merefleksikannya melalui lakon “Toean Besar”.

Tim Kreatif Indonesia Kita memilih tema utama “Jalan Kebudayaan Jalan Kemanusiaan” sebagai benang merah dari pentas-pentas yang diselenggarakan di sepanjang tahun 2019 karena menyadari pentingnya nilai-nilai kemanusiaan dan keberagaman dalam kehidupan sosial.

Selaku penggagas Indonesia Kita, Butet Kartaredjasa mengatakan, “Ketika jalan kemanusiaan direfleksikan melalui pertunjukan Indonesia Kita, maka semakin terasa relevan untuk mengajak, menemukan dan menumbuhkan kembali kepekaan, kesadaran dan kemanusiaan kita. Sebab seni pertunjukan sering diibaratkan seperti oase di tengah kegersangan. Indonesia Kita menghadirkan seni di antara masyarakat yang melampaui sekat dan batas-batas suku, agama dan orientasi politik”.

Senada dengan Butet, Direktur Kreatif Indonesia Kita, Agus Noor berucap “Seni merupakan refleksi kompleksitas manusia dengan beragam dimensi. Kesadaran ini menjadi dasar untuk mengolah gagasan-gagasan kreatif dalam menciptakan pertunjukan Indonesia Kita sepanjang tahun 2019 di mana kita semua berada di antara gegap gempita peristiwa politik, namun kebudayaan mengingatkan kita untuk memuliakan kemanusiaan”.

Lakon Toean Besar

Pada pentas ke-33 mendatang, berkisah tentang sebuah Negeri, di dalam Istana, sedang terjadi kasak-kusuk. Ada kabar yang menggegerkan, seseorang yang disebut-sebut sebagai “Toean Besar” akan datang. Kabar ini membuat panik banyak orang. Dari bawahan sampai Kepala Istana dipenuhi kesibukan bercampur rasa penasaran. Toean Besar adalah seseorang dengan sosok yang misterius. Ada yang mengatakan, “Toean Besar adalah orang yang super kaya dan mau menggelontorkan modalnya untuk kepentingan rakyat”. Ada pula yang menambahkan, “Toean Besar itu, selain kaya raya, juga ganteng dan bertubuh besar”.

Mendengar namanya disebut saja, sudah membuat banyak orang di lingkungan Istana sigap dan ingin mengambil kesempatan untuk bertemu, meskipun hanya untuk berfoto bersama. Siapa sebenarnya Toean Besar, tak ada yang benar-benar mengetahui. Namun kasak-kusuk yang berlangsung pada akhirnya memicu timbulnya sikap saling memengaruhi dan perilaku juga ikut berubah. Bermacam intrik dan kekonyolan mulai terjadi.

Untuk bisa bertemu Toean Besar, ada yang mengubah penampilan agar status sosial meningkat, ada pula yang nekat menyamar menjadi sang Toean Besar dan mengaku-aku dirinya sebagai Toean Besar. Ketika orang mulai mengubah diri, tak hanya gaya dan penampilan, tetapi identitas diri dan sikap juga berubah. Ada yang semula bermusuhan berubah menjadi berteman, ada pula yang tadinya kompak, tiba-tiba menikung begitu melihat peluang. Mereka akhirnya saling berbohong dan saling menipu. Dan sejarahpun ikut dipermainkan, demi mencapai tujuan.

Ada yang spesial di lakon ini, bersama aktor dan komedian, para wartawan dari beberapa media nasional ikut tampil dalam pentas Toean Besar. Bagaimana cerita ini dipentaskan? Saksikan penampilan ke-33 Indonesia Kita yang selalu membawa pesan: Jangan Kapok Menjadi Indonesia.

Toean Besar akan dipentaskan pada 20-21 September 2019, pukul 20.00 wib bertempat di
Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta.

Lakon Toean Besar akan dimainkan oleh Cak Lontong, Marwoto, Akbar, Mucle, Inaya Wahid, Amie Ardhini, Putri Minangsari, Wisben, Joned, Boris Bokir, Abdur Arsyad,
Joind Bayuwinanda, Al Sobry, Benny Benke. Budi Adiputro, Dwi Sutarjanto, dan Erin Metasari

Pastikan kamu telah memiliki tiket untuk menyaksikan Toean Besar. Tiket terbagi dalam empat kategori, yaitu platinum Rp. 750.000, VVIP Rp. 500.000, VIP Rp. 300.000 | BALKON Rp. 150.000

Informasi tiket silakan kontak 0895372014902 dan 081311630001. Untuk reservasi bisa dilakukan melalui situs www.kayan.co.id dan www.blibli.com.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply