Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Skills.id

4 Kunci Tampil Memukau Sebagai Seorang MC

freepik.com

Skills.id – Jika di artikel-artikel sebelumnya, Skills.ID telah bercerita mengenai pengalaman Miss Via, salah satu edukator kami dan penjelasan tentang macam-macam MC. Maka sekarang, Skills.ID akan memberikan 4 kunci tampil memukau sebagai seorang MC. Berikut uraiannya.

Kunci pertama adalah percaya diri. Menurut Miss Via yang sudah mendapatkan sertifikat BNSP (Badan Nasional Sertfikasi Profesi), kita harus percaya bahwa everyone is unique! Termasuk kamu, kamu juga adalah orang yang unik!

Jadi, mulai dengan hari ini kamu harus percaya bahwa setiap orang itu unik dan memiliki sisi positifnya masing-masing yang akan membawa keberuntungan.

Baca juga: Memahami Macam-macam MC dan Perbedaannya dengan Public Speaking

Oleh karena itu, pikirkan saja hal-hal positif yang kamu punya, jangan pernah pikirkan hal-hal negatif. Dengan cara berpikir seperti itu, maka kamu akan terbiasa untuk melihat hal-hal yang lebih indah dan hal tersebut mampu membuat harga diri kamu jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

https://www.umn.ac.id/

Kemudian, kunci yang kedua adalah berani, kamu harus berani! Ketika kamu diberikan sebuah kesempatan ataupun peluang, maka yang perlu kamu lakukan hanya satu, yaitu langsung ambil kesempatan itu.

Jangan pernah menolaknya atau memikirkannya terlebih dahulu, karena peluang maupun kesempatan menjadi seorang MC itu belum tentu datang untuk kedua kalinya atau esok harinya.

Seperti contohnya, ketika kamu dipercaya oleh orang lain untuk memimpin sebuah acara atau memimpin rapat, ataupun menjadi MC, tapi diri kamu sendiri berpikir bahwa ‘sepertinya saya tidak mampu, tidak pantas, saya belum hebat dalam hal itu’.

Ikuti juga: MC Workshop Teknik Persiapan dan Solusi Setiap Masalah Sebelum dan Saat Event

Padahal faktanya, banyak sekali orang di dunia ini yang tidak mengenal dirinya sendiri, sehingga kita butuh orang lain untuk mengetahui ‘seperti apa sih diri kita?’.

Oleh karena itu, jika orang lain sudah percaya terhadap diri kamu, lalu apa yang harus diragukan? Tugas kamu adalah menjaga kepercayaan tersebut dan buktikan bahwa kamu memang luar biasa dan sesuai dengan pemikiran mereka.

https://ec.europa.eu/education/

Ikuti juga: Master of Ceremony Workshop Package

Apakah kamu tahu pembelajaran terbaik bagi seorang MC? Yaitu pembelajaran ketika kita belajar sembari melakukan (praktik). Jadi, untuk kunci ketiga ini adalah learning by doing dan juga memperbanyak jam terbang.

Menurut Miss Via, semakin kamu banyak melakukan praktik, maka semakin banyak juga kamu mengambil peluang dan jam terbang kamu pun juga akan semakin meningkat. Ketika jam terbang kamu semakin meningkat, maka kamu akan jauh lebih profesional lagi.

https://innovationwomen.com/

Lalu, yang terakhir atau keempat adalah menjadi seseorang yang unik. Untuk bersaing dengan MC-MC lainnya, kamu harus menciptakan suatu hal yang unik dan berbeda dari orang lain. Sehingga, ketika kamu tampil menjadi seorang MC, maka selalu ada satu hal yang mereka ingat.

Ikuti juga: MC Workshop Teknik Ice Breaking, Pemberian Doorprize dan Improvisasi

Membuat dirimu unik itu bisa dari teknik MC-nya, seperti bahasa tubuhnya, suara kamu, atau dari konsep MC kamu. Jadi intinya, jadilah unik agar orang lain lebih mengetahui dan kamu pun ter-branding jauh lebih baik dari orang lain.

Bagi kamu yang ingin tampil memukau sebagai seorang MC, maka lakukanlah 4 kunci diatas. Dan jika kamu ingin mengetahui teknik-teknik MC lainnya dari Miss Via, kamu bisa ikuti workshopnya di Skills.ID.

Ikuti juga: Public Speaking Workshop

MC Workshop Teknik MC Formal/Semi Formal/Non Formal dan Teknik Cue Card

MC Workshop Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Tampilan yang Memukau

Leave a Reply