Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Minum Kopi Sebelum Aerobik

Dok. Keurig

Topcareer.id – Ya, kopi memang punya manfaat baik untuk tubuh. Tapi, minum secangkir kopi jarang dikutip sebagai saran penting sebelum melakukan latihan. Satu cangkir kopi sebenarnya setara dengan 20 menit latihan aerobik sejauh meningkatkan kesadaran.

Selain mengandung agen pembakar lemak yang membantu kita menurunkan berat badan lebih cepat setelah aktivitas fisik sedang hingga kuat, kafein adalah obat yang sangat psikoaktif.

Sebuah makalah baru yang diterbitkan di Nature Scientific Reports membuat alasan kuat untuk mengadopsi kopi sebagai teman latihan.

Baca Juga: Tinggalkan Profesi Jurnalis Demi Jualan Kopi

“Studi menunjukkan bahwa satu latihan saja memberikan manfaat kognitif. Namun, banyak orang menggunakan zat psikoaktif seperti kafein untuk meningkatkan kinerja kognitif. Latihan aerobik intensitas sedang dan kafein akut (1,2 mg/kg) secara signifikan meningkatkan akurasi memori kerja,” kata para penulis laporan, dalam laman The Ladders.

Kopi tidak hanya mengurangi risiko kita untuk mengembangkan kondisi degeneratif seperti demensia di kemudian hari, tetapi juga merangsang mekanisme kognitif penting yang terkait dengan daya tahan dan memori jangka pendek.

Efek kafein dan latihan aerobik akut pada memori kerja dan coffee withdrawal

Memulai pagi dengan secangkir kopi telah terbukti membatasi asupan kalori sepanjang hari karena cara kafein menekan nafsu makan. Tiga puluh menit setelah konsumsi, tekanan darah, detak jantung, dan laju metabolisme kita meningkat memungkinkan kita untuk membakar kalori lebih cepat.

Baca Juga: Manfaat Kopi: Mood Booster Hingga Tekan Risiko Kematian

Seperti dicatat dalam International Society of Sports Nutrition, atlet yang mengonsumsi kopi sebelum latihan menunjukkan tingkat daya tahan yang lebih tinggi di samping menyebabkan kelelahan.

Ada cara abstrak di mana kopi menawarkan keuntungan kognitif selama latihan, tetapi makalah baru yang ditulis bersama oleh Anisa Morava, Matthew James Fagan dan Harry Prapavessis mengemukakan beberapa manfaat fisiologis yang sebelumnya tidak ditentukan.

Lebih langsung, para ahli Western University mampu membangun korelasi kuat antara kafein dan memori kerja. Selain itu, tidak ada perbedaan yang diamati antara manfaat kognitif yang diberikan oleh kafein versus manfaat kognitif yang diberikan oleh aktivitas psikis sedang.

Baca juga: Berapa Gelas Ideal Minum Kopi Untuk Kesehatan?

“Setelah hanya satu penyajian studi kafein, partisipan mengalahkan rekan non-kafein mereka dalam serangkaian tes memori. Peneliti sampai pada kesimpulan yang sama setelah individu ditugaskan dengan 20 menit aktivitas fisik.”

Mereka yang mencapai jumlah latihan ini juga diamati secara drastis mengurangi gejala yang terkait dengan coffee withdrawal. Coffe withdrawal terjadi pada siapa saja yang secara teratur mengonsumsi kafein dan kemudian secara tiba-tiba menghentikannya.

Food and Drug Administration merekomendasikan individu mengkonsumsi tidak lebih dari empat hingga lima cangkir kopi per hari. Kegagalan untuk mematuhi pedoman ini menghasilkan migrain untuk 50% peminum kebiasaan. Insomnia, sakit perut, tremor otot, dan kecemasan umum juga telah dilaporkan.*(rw)

Tinggalkan Balasan