Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Januari 21, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Pilih Suara Alarm yang Tepat Biar Pergi Kerja Nggak Grogi

Ilustrasi (dok. Harvard Health)

Topcareer.id – Ada beberapa orang yang sepertinya sulit untuk bangun tidur tanpa bunyi alarm menyertai, bahkan ada juga yang sudah pasang alarm, tetap susah bangun. Suara alarm punya pengaruh penting dalam keberlanjutan hari-harimu di tempat kerja.

Sebuah penelitian di Australia baru-baru ini menemukan bahwa suara-suara alarm tertentu dapat mengurangi grogi pagi hari, sehingga kamu bangun lebih cepat dan merasa lebih waspada.

Menurut penelitian, partisipan studi yang terbangun dengan alarm lagu melodi memiliki tingkat grogi pagi yang lebih rendah daripada mereka yang memilih bunyi bip.

Baca juga: Terlalu Lama Duduk dan Kurang Olahraga Undang Depresi

Para peneliti dari Royal Melbourne Institute of Technology menulis bahwa lagu-lagu dengan melodi tampaknya memiliki efek energi, meningkatkan gairah, kognisi dan perhatian yang membantu seseorang mengurangi rasa pusing ketika bangun.

“Kombinasi nada yang naik dan turun dalam melodi lagu mempromosikan gairah dalam sistem kami, yang pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan kewaspadaan,” ucap Stuart McFarlane, penulis studi utama, mengatakan kepada CNBC Make It.

“Bayangkan sebuah skenario di mana seorang atlet akan tampil lebih baik ketika mereka melakukan pemanasan. Melodi mungkin menghangatkan otak kita, lebih efektif untuk aktivitas hari itu daripada terkejut saat beraksi,” kata dia.

Baca juga: Suka Kebangun Tidur Jam 3 Pagi? Ini Alasannya

Rekan penulis lainnya, Adrian Dyer mengatakan bahwa di sisi lain, alarm mengejutkan yang berbunyi bip tampaknya membingungkan aktivitas otak kita ketika bangun.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan jenis lagu apa yang terbaik untuk “sleep inersia,” transisi dari sleep ke fase terjaga. Tetapi McFarlane menyarankan untuk memasukkan suara yang merdu agar kamu dapat bersenandung atau bernyanyi bersama.

Dalam studi tersebut, penulis menandai dua lagu yang mereka yakini akan menjadi lagu bangun yang baik: “Good Vibrations” oleh The Beach Boys dan “Close to Me” oleh The Cure. “Lagu yang saya coba saat ini adalah ‘Borderline’ oleh Madonna,” kata McFarlane.

Faktor-faktor lain, termasuk selera musik pribadi orang-orang, juga dapat mempengaruhi seberapa efektif sebuah lagu alarm.

Baca juga: Raih Tidur Efektif lewat 8 Kebiasaan Ini

“Jika kita dapat terus meningkatkan pemahaman kita soal hubungan antara suara dan keadaan terjaga, mungkin ada potensi untuk aplikasi di banyak bidang, terutama dengan kemajuan terbaru dalam teknologi tidur dan kecerdasan buatan,” kata Dyer dalam rilisnya.

Memang, penulis penelitian mencatat bahwa temuan ini dapat memiliki implikasi penting bagi orang-orang di banyak profesi, mulai dari astronot NASA hingga dokter, yang perlu bangun dan waspada dengan cepat. Tetapi terlepas dari pekerjaanmu, kesibukan siang hari dapat mempengaruhi kinerja.

Selain mengatur suara jam alarm, ada beberapa kebiasaan yang telah terbukti membantu mengurangi inersia tidur. Misalnya, minum kafein, terpapar cahaya sebelum bangun dan melakukan rutinitas pagi, semua bisa membantu.

Untuk penelitian ini, para peneliti dari Institut Teknologi Royal Melbourne mensurvei 50 orang, usia 18 hingga 60 tahun tentang kebiasaan tidur mereka dan suara-suara yang ingin mereka bangun.

Mereka yang terbangun dengan lagu melodi memiliki tingkat kesibukan di siang hari yang lebih rendah daripada mereka yang memilih suara bip, menurut temuan penelitian. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan