Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

Mengenang Perjalanan Karier dan Prestasi Glenn Fredly (1975-2020)

Glenn Fredly. (dok. Republika)

Topcareer.id – Kabar duka tengah meliputi belantika musik Indonesia. Salah satu penyanyi legendaris Indonesia Glenn Fredly telah meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020) di usia 44 tahun akibat penyakit meningitis yang dideritanya.

Pria kelahiran Jakarta, 30 September 1975 ini adalah putra daerah asal Maluku. Ia anak dari Hengky Latuihamallo dan Linda Latuihamallo. Sejak kecil, ia sudah mencintai dunia tarik suara.

Berbagai juara perlombaan menyanyi telah ia raih sejak berusia muda. Mulai dari menjuarai lomba menyanyi yang diadakan oleh Yayasan Musik Indonesia pada 1984, Vini Vidi Vici, hingga Cipta Pesona Bintang RCTI tahun 1992.

Baca juga: Glenn Fredly dan Kenangan Mencipta Lagu `Januari`

Penyanyi asal Ambon dengan suara emas yang khas ini baru mengawali karier dengan menjadi vokalis dari band “Funk Section” pada tahun 1995. Tiga tahun kemudian, Glenn bernyanyi solo dan meluncurkan sebuah album yang bertajuk GLENN berisi 8 buah lagu.

“Kau” dan “Cukup Sudah” serta “Mobil Mama” menjadi hits di Malaysia. Lagu “Cukup Sudah” bahkan masih hits hingga kini di Indonesia. Tahun berikutnya, ia menjadi finalis di Asia Song Festival.

Memilih R&B

Pada tahun 1998, Glenn Fredly meninggalkan Funk Section untuk menjadi penyanyi solo R&B. Ia merasa jenis usik itu lebih cocok dengan gaya vokalnya. Dia merilis album pertamanya, GLENN pada tahun itu. Album tersebut diterima masyarakat dengan baik, terjual hingga 50 ribu copy. Walaupun aliran musik R&B pada umumnya tidak populer di Indonesia saat itu.

Album solo kedua Glenn Fredly bertajuk Kembali dirilis pada tahun 2000. Dengan single “Kasih Putih” yang banyak diputar di televisi dan radio. Album ini masih bernaung di bawah Sony Music Indonesia dengan produser Aminoto Kosin. Album ini pun bernasib sama seperti album sebelumnya, belum memenuhi keinginan major label baik itu dari segi popularitas maupun penjualan.

Baca juga: Kenangan Glenn Fredly Gantikan Ariel Jadi Vokalis Peterpan

Pada tahun 2001, ia sempat meraih prestasi dengan menempati posisi ketiga di Festival Lagu Internasional Asia Dauzy Rusia. Memasuki tahun 2003, dengan keraguan besar dari pihak label, Glenn meluncurkan album ketiganya bertajuk “Selamat Pagi, Dunia!”. Tak disangka ternyata banyak hits yang muncul dari album ini. Yang paling mengguncang Indonesia adalah lagu “Januari”.

Kesuksesan Glenn pada album ini membuat pihak Sony Music Indonesia membuat album repackage tahun 2004, dikemas dengan bonus VCD karaoke dan Unplugged Live Performance Glenn Fredly.

Baca lebih jauh di halaman berikutnya>>

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply