Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Puasa dan Lebaran Malah Bikin Gemuk? Konsumsi Kalsium Solusinya

Sayur Bayam. (dok. Sindonews)

Topcareer.id – Sudah mengecek berat badan terakhir setelah sebulan berpuasa? Apakah kamu termasuk dalam kelompok orang-orang yang mengalami pertambahan berat badan secara signifikan? Maka kamu patut waspada.

Seperti diketahui, kegemukan faktor utama timbulnya berbagai macam gangguan kesehatan. Seperti hipertensi, diabetes, atau kolesterol.

Kemampuan ekstra kalsium

Ya, bulan puasa yang identik dengan makan-makan enak dan spesial, namun sayangnya, asupan gizinya sering kali tidak seimbang. Misalnya, sebagai menu berbuka atau sahur, tanpa disadari kita terlalu banyak menyajikan hidangan yang manis-manis, camilan dari goreng-gorengan, aneka pasta berbumbu pedas, atau masakan yang serba mengandung santan.

Di bulan puasa juga, kita cenderung lebih sering mengonsumsi daging-dagingan ketimbang sayur. Sementara kita justru mengurangi aktivitas fisik di bulan puasa seperti berolahraga dan semacamnya. Alhasil, metabolisme tubuh tidak lancar, karena asupan energi lebih banyak daripada yang dikeluarkan.

Baca juga: Makanan Jenis Ini Bisa Menguras Fokus Kerja di Rumah

Energi berlebih ini akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Badan pun melar. Apalagi di hari raya nanti, perut kita kembali digempur aneka macam makanan dan minuman yang lebih mengutamakan kelezatan ketimbang kesehatan. Sebut saja ketupat ketan, opor ayam, atau rendang daging. Sesuatu yang tidak terhindarkan karena sudah membudaya.

Tentu saja, demi alasan kesehatan, ancaman gangguan kesehatan tetap harus diatasi.

Ada asupan yang secara signifikan mampu mengatasi masalah kegemukan dan ragam gangguan kesehatan yang terkait dengannya seperti yang disebutkan sebelumnya. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Kamu pasti bertanya-tanya, bukankah unsur kalsium biasanya dikonsumsi untuk mendapatkan kesehatan tulang? Jangan salah. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Wisconsin, Amerika Serikat, berhasil ditemukan manfaat kalsium yang jauh dari perkiraan orang, termasuk untuk mengatasi kegemukan.

Baca juga: 6 Makanan Ini Bisa Membakar Lemak Tubuh

Mengapa kalsium bisa mengatasi kegemukan? Salah satu fungsi kalsium, dapat menekan produksi hormon penyebab lapar. Kalsium juga mencegah penimbunan lemak dalam tubuh, karena konsumsi kalsium yang cukup dapat menjaga status gizi dan jumlah lemak dalam keadaan normal.

Secara spesifik, asupan kalsium juga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Membantu otot-otot jantung bekerja dengan baik dan membantu sistem saraf dalam mengatur tekanan pembuluh darah arteri.

Cari tahu lebih jauh di halaman berikutnya>>

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply