Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Puasa dan Lebaran Malah Bikin Gemuk? Konsumsi Kalsium Solusinya

Sayur Bayam. (dok. Sindonews)

Dari mana memperoleh asupan kalsium?

Kalsium bisa dengan mudah ditemukan dalam sayuran hijau. Seperti bayam, brokoli, daun talas, dan daun melinjo. Selain itu kalsium juga terdapat pada kacang kedelai dan bungkil kacang tanah.

Oleh karena itu, makanan seperti tempe dan tahu baik untuk dikonsumsi sebagai penambah asupan kalsium. Sedangkan dari jenis ikan-ikanan, kalsium paling tinggi terdapat di udang rebon dan ikan teri, baik dalam bentuk segar maupun kering.

Baca juga: Tips Aman Pesan Makanan saat Pandemi Covid-19

Asupan kalsium juga bisa diperoleh dari suplemen bentuk kapsul atau tablet. Namun, kalsium dalam bentuk suplemen ada kalanya tidak mampu diserap dengan baik oleh tubuh. Oleh karena itu, asupan kalsium dari minuman susu merupakan pilihan paling tepat, karena lebih mudah diserap tubuh, sehingga pemanfaatannya lebih efisien dan efektif.

Dengan lebih banyak terserap tubuh, kalsium yang akan terbuang melalui ginjal pun sedikit. Tentu baik efeknya untuk kesehatan ginjal kamu.

Selain itu, kalsium susu tidak mengandung oksalat (kalsium berbentuk kristal pembentuk batu ginjal) yang biasa terdapat pada kalsium sayuran. Kalsium susu bisa diperoleh dari susu murni kambing atau susu murni kerbau dan sapi. * Dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply