Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tiga Kategori Orang yang Butuh Konseling Karier, Kamu Salah Satunya?

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Jika kamu benar-benar membutuhkan panduan tentang ke mana harus mengambil arah karier dan bagaimana untuk mencapai tempat yang diinginkan, maka konseling karier jadi solusi yang cukup jelas dalam membantu hal tersebut.

Pertanyaannya adalah: Apakah dirimu memerlukan konseling karier agar berhasil? Bagi sebagian orang, jawabannya sudah pasti ya, tapi konseling juga masih jauh dari kebutuhan semua orang.

Apa itu konseling karier?

Dikutip dari laman The Ladders, konseling karier adalah layanan yang ditawarkan oleh konselor karir. Konselor ini adalah seseorang yang bertugas membantumu menemukan pekerjaan ideal — tidak selalu secara langsung, tetapi lebih secara tidak langsung yang memungkinkanmu menemukan sendiri pekerjaan tersebut.

Baca Juga: Survei: 50% Orangtua Tak Ingin Anaknya Berkarier di Balik Meja Kantor

Jadi, orang macam apa yang punya alasan untuk mencoba konseling karier? Kamu mungkin menjadi kandidat utama, jika:

1. Seorang pelajar

Baik kamu di sekolah menengah atau perguruan tinggi, dunia kerja menanti ketika kamu lulus. Banyak tekanan untuk mengetahui bahwa ‘kejamnya’ dunia kerja sudah begitu dekat. Dan kamu tampak ragu-ragu tentang tujuan karier di masa depan. Di situlah konseling karier berperan.

Di tingkat pendidikan, konseling karir seringkali merupakan layanan gratis yang ditawarkan kepada siswa yang menginginkannya. Jika kamu seorang siswa yang tidak tahu apa yang ingin dilakukan setelah lulus, tetapi kamu memiliki pengalaman volunteer, kegiatan klub, nilai bagus, dan semua konten pembuatan resume berharga lainnya, maka seorang konselor karier mungkin saja dapat memberimu dorongan ke arah yang benar dengan membantumu mengidentifikasi tujuan yang tidak kamu ketahui sebelumnya.

2. Orang dewasa yang terampil dan tidak memiliki arah

Ini adalah kategori yang jauh lebih khusus, tetapi jika kamu termasuk dalam grup ini, kamu masih memiliki alasan untuk percaya bahwa konseling karier dapat mengubah kariermu.

Jika kamu memiliki resume yang bagus, bisa mendapatkan wawancara kerja dengan mudah, maka kamu adalah individu yang kompeten yang sarat dengan keterampilan yang berharga, tetapi hanya perlu bantuan untuk mencari tahu ke mana harus menyalurkan semua potensi itu.

Jadi jika kamu benar-benar tidak senang dengan posisimu sekarang dan tidak tahu apa-apa tentang bagaimana mengubah jalur kariermu, kamu bisa memanfaatkan layanan konseling karier. Mungkin ini akan membantu mempelajari sesuatu tentang dirimu yang dapat digunakan di masa mendatang.

3. Corporate climber dengan lebih banyak uang daripada waktu

Jika uang bukan halangan dan kamu ingin bantuan untuk meroket menuju langkah besar berikutnya, konselor karier dapat membantumu mencapai tujuan itu. Ini adalah contoh paling sederhana tentang kapan seorang konselor karier mungkin bekerja dengan cara terbaik.

Mereka akan membantumu memisahkan gandum dari sekam, berdasarkan prospek, saat kamu tidak punya waktu untuk melakukannya sendiri tetapi mampu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan nasihat yang lugas dan dapat ditindaklanjuti.**(RW)

Leave a Reply