Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Tingkatkan Hormon untuk Mood yang Lebih Baik (Bagian 2)

Dok. Caroline Dowd

Topcareer.id – Hormon adalah bahan kimia yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di seluruh tubuh kamu. Mereka melakukan perjalanan melalui aliran darah, bertindak sebagai pembawa pesan dan berperan dalam banyak proses tubuh.

Salah satu fungsi penting hormon adalah membantu mengatur mood kamu. Hormon tertentu diketahui membantu meningkatkan perasaan positif, termasuk kebahagiaan dan kesenangan.

Hormon bahagia ini meliputi:

  • Dopamin
    Juga dikenal sebagai hormon perasaan baik. Dopamin adalah hormon dan neurotransmitter yang merupakan bagian penting dari sistem penghargaan otak kamu. Dopamin dikaitkan dengan sensasi yang menyenangkan, bersama dengan pembelajaran, memori, fungsi sistem motorik, dan banyak lagi.
  • Serotonin
    Hormon ini membantu mengatur suasana hati kamu serta tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan memori.
  • Oksitosin
    Sering disebut “hormon cinta”, oksitosin sangat penting untuk persalinan, menyusui, dan ikatan orangtua-anak yang kuat. Kadar oksitosin umumnya meningkat dengan kasih sayang fisik seperti ciuman, pelukan, dan seks.
  • Endorfin
    Endorfin adalah pereda nyeri alami tubuh kamu, yang diproduksi tubuh sebagai respons terhadap stres atau ketidaknyamanan. Kadar endorfin juga cenderung meningkat saat kamu melakukan aktivitas yang menghasilkan kesenangan, seperti makan, berolahraga, atau berhubungan seks.

Berikut cara untuk meningkatkan kadar hormon bahagiamu.

Bagian akhir dari artikel:

Baca juga: 5 Strategi Ampuh untuk Usir Bad Mood

Meditasi
Jika kamu terbiasa dengan meditasi, kamu mungkin sudah mengetahui banyak manfaatnya untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan kualitas tidur hingga mengurangi stres. Sebuah studi kecil tahun 2002 silam mengaitkan banyak manfaat meditasi dengan peningkatan produksi dopamin selama latihan. Penelitian dari 2011 juga menunjukkan bahwa meditasi dapat memacu pelepasan endorfin.

Rencanakan malam romantis
Reputasi oksitosin sebagai “hormon cinta” memang terbukti. Hanya tertarik pada seseorang saja dapat menyebabkan produksi oksitosin. Apalagi dengan kasih sayang fisik, termasuk berciuman, berpelukan, atau berhubungan seks, ini semua sangat berkontribusi pada produksi oksitosin.

Hanya menghabiskan waktu dengan seseorang yang kamu cintai akan membantu meningkatkan produksi oksitosin. Meningkatkan kedekatan dan perasaan hubungan yang positif, membuatmu bahagia atau bahkan gembira.

Belai hewan peliharaan
Jika kamu memiliki seekor kucing, anjing, marmut, atau kelinci, memberi teman berbulu kamu sedikit kasih sayang dengan membelainya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kadar oksitosin untuk kamu dan hewan peliharaanmu. Meskipun kamu tidak memiliki anjing, kamu mungkin juga mengalami peningkatan oksitosin saat melihat anjing atau kucing yang kamu kenal dan sukai.

Tidur nyenyak
Kurang tidur yang berkualitas dapat memengaruhi kesehatanmu dalam berbagai cara. Usahakan untuk menyisihkan 7 hingga 9 jam setiap malam untuk tidur agar membantu memulihkan keseimbangan hormon dalam tubuh kamu, yang kemungkinan akan membantu kamu merasa lebih baik.

Baca juga: 6 Makanan dan Minuman Enak tapi Bikin Bad Mood

Kelola stres
Mengalami stres dari waktu ke waktu adalah hal yang wajar. Tetapi hidup dengan stres yang teratur atau menghadapi peristiwa kehidupan yang sangat menegangkan dapat menyebabkan penurunan produksi dopamin dan serotonin. Ini dapat berdampak negatif pada kesehatan dan suasana hati Kamu, sehingga lebih sulit untuk mengatasi stres. Jadi, belajarlah mengelola stres dan motivasi diri.

Pergi ke tempat spa and massage
Pijatan di seluruh tubuh dapat meningkatkan semua jenis hormon bahagia kamu. Menurut penelitian tahun 2004, kadar serotonin dan dopamin meningkat setelah pemijatan. Pijat juga dikenal untuk meningkatkan endorfin dan oksitosin.

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dari pijatan oleh terapis pijat berlisensi, tetapi kamu juga bisa mendapatkan pijatan dari pasangan untuk mendapatkan oksitosin ekstra.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply