Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, May 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ditolak Kerja? Lakukan Ini untuk Maju Melangkah Kembali

Ilustrasi. (dok. BPO Diary)

Topcareer.id – Memang sulit untuk bisa menerima penolakan pekerjaan Tetapi memisahkan diri dari situasi ini merupakan kunci untuk melanjutkan hidup.

Ditolak bekerja menjadi hal yang memalukan. Namun ada langkah-langkah yang bisa diambil para pencari kerja untuk mengatasinya.

Mengutip theladders.com, berikut kiat terbaik untuk mengatasi penolakan pekerjaan.

Mundurlah selangkah sesaat untuk memberi selamat pada diri sendiri
Setelah melewati beberapa proses perekrutan, ambil momen awal untuk memberi selamat pada diri sendiri karena telah membuat skor wawancara sejak awal, dan kemudian mundur selangkah dari usaha kamu untuk keluar sejenak dan tenangkan diri.

Baca juga: Kena PHK? Ikut Pelatihan BPJS Ketenagakerjaan Saja!

Pastikan untuk berterima kasih kepada pewawancara pada hari kamu menerima penolakan
Berterima kasihlah kepada mereka karena telah meluangkan waktu untuk bertemu dan wawancara dengan kamu. Dengan begini kamu akan memiliki koneksi yang berbeda dengan perusahaan. Jika suatu saat perusahaan membutuhkan kandidat seperti kamu, maka mereka akan lebih dulu menghubungimu kembali sebagai hasil dari hubungan baik yang telah kamu buat.

Jika kamu menerima beberapa penolakan berturut-turut, luangkan waktu untuk menganalisa
Jika beberapa aplikasi kamu gagal, kamu mungkin perlu memeriksa keterampilanmu secara lebih kritis, Langkah pertama cari tahu apakah penolakanmu berasal dari keterampilan yang tidak cocok dengan perusahaan atau hanya karena CV dan resume kamu kurang menarik.

Ambil kurus pengembangan karier dan keterampilan lain
Mencari bantuan profesional dapat berpengaruh besar, cobalah untuk mengembangkan diri dengan mengikuti kursus pengembangan karier dan kepribadian, ditambah dengan kursus ketrampilan yang sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca juga: Cara Profesional Minta Jadwal Ulang Wawancara Kerja

Saat mencoba kembali mencari pekerjaan, cobalah lebih fleksibel
Jika pada awalnya kamu merasa tidak nyaman untuk memindahkan keterampilan pada industri lain, waktu setelah penolakan bisa menjadi kesempatan untuk memperluas wawasan kamu. Bersedia bersikap fleksibel pada deskripsi pekerjaan yang ditawarkan akan bisa membantumu.

Setelah kamu membangun keterampilan, jangan takut untuk mencoba lagi di perusahaan impianmu
Jika seorang manajer perekrutan memberi tahu bahwa kamu adalah kandidat yang baik, tetapi mereka menemukan “bintang lain” dan mereka menawarkan untuk tetap berhubungan, jangan menganggap enteng informasi itu. Itu tandanya pintu masih terbuka untukmu, mereka hanya ingin kamu memiliki ketrampilan lain yang lebih mereka butuhkan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply