Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Pandemi, Larangan Operasional Kapal Pesiar Diperpanjang Hingga September

Sumber foto: foxbusiness.com

Topcareer.id – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat telah memperpanjang larangan pelayaran penumpang dari pelabuhan AS hingga 30 September, akibat wabah virus corona yang yang ditemukan di atas kapal.

Perintah larangan berlayar dari CDC sebelumnya akan berakhir pada 24 Juli. Asosiasi Internasional Cruise Line, yang mewakili jalur pelayaran terbesar di dunia, bulan lalu mengumumkan bahwa para anggotanya telah sepakat untuk menunda operasi hingga 15 September.

Saham Norwegian Cruise Line turun lebih dari 15%. Saham Royal Caribbean turun lebih dari 7% dan saham Carnival Corp yang diperdagangkan hampir 10% lebih rendah pada penutupan pasar.

Pandemi virus corona telah mengguncang ketiga perusahaan itu. Ketiga perusahaan tersebut telah beroperasi dengan pendapatan rendah atau tidak ada sejak pertengahan Maret lalu, ketika kelompok perdagangan mengatakan anggotanya akan menunda operasi.

Baca juga: Begini Virus Corona Cepat Menyebar di Kapal Pesiar Diamond Princess

CDC mengatakan telah menghubungi ketiga perusahaan serta kelompok perdagangan dan operator kapal pesiar lainnya, termasuk Disney, dalam menilai rencana mereka untuk melanjutkan operasional dengan aman. CDC mengatakan semua proposal yang awalnya diterima dari operator pelayaran “tidak lengkap” dan “tidak sepenuhnya memenuhi semua persyaratan” yang tercantum dalam perintah perpanjangan larangan berlayar dari badan kesehatan.

Pada 10 Juli 2020, operator kapal pesiar yang memiliki satu kapal pesiar di perairan A.S. mengajukan rencana yang memenuhi semua kriteria CDC. CDC menambahkan bahwa pihaknya tetap prihatin dengan sejumlah elemen rencana pengembalian perusahaan, termasuk gagal menutup swalayan, gym, dan salon.

Saat memperpanjang larangan operasional kapal, Direktur CDC Dr. Robert Redfield mengatakan bahwa data yang dikumpulkan oleh agen menunjukkan setidaknya 2.973 infeksi Covid-19 atau penyakit serupa Covid serta 34 kematian berasal dari kapal pesiar sejak CDC mulai melacak data sebelumnya pada tahun ini.

Baca juga: Begini Tugas Perawat Kapal Pesiar dan Gajinya

Redfield menulis bahwa bukti ilmiah saat ini menunjukkan kapal pesiar menghadirkan risiko lebih besar untuk mentransmisikan Covid-19 daripada lainnya. Dia mengutip sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Travel Medicine yang mengatakan tingkat reproduksi dasar adalah 14,8 di atas Diamond Princess, salah satu kapal pesiar pertama yang mengalami wabah di dalam kapal.

Itu berarti bahwa setiap orang yang terinfeksi di dalam Diamond Princess diperkirakan menularkannya ke hampir 15 orang lainnya, secara rata-rata.

“Tingkat reproduksi ini sekitar empat kali lebih tinggi daripada R0 dari episentrum asli wabah di Wuhan, China,” ungkap Redfield. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply