Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Ini Alasan Mengapa Masker Bedah dan N95 hanya Boleh Digunakan Sekali

Pakai Masker (Foto: i-Stock)

Topcareer.id – Ya, kita bisa menggunakan kembali masker wajah yang berbahan kain dengan mencucinya terlebih dulu. Tapi, bisakah kita menggunakan kembali masker wajah sekali pakai, seperti masker bedah dan respirator N95?

Jawaban singkatnya: Kamu sebaiknya tidak menggunakan kembali masker sekali pakai sesuai dengan saran CDC dan WHO.  Mengapa N95 dan masker bedah tidak boleh digunakan kembali?

Mengutip Insider, dua jenis masker sekali pakai yang paling umum, masker bedah dan respirator N95, merupakan jenis masker yang paling efektif dalam mencegah infeksi, yang menjelaskan mengapa CDC merekomendasikan masker ini disediakan untuk pekerja medis dan garis depan.

Namun, masker ini paling efektif saat pertama kali digunakan, oleh karena itu kamu tidak boleh menggunakannya kembali. Jika digunakan kembali, masker ini sebenarnya dapat meningkatkan risiko infeksi karena cara kerjanya:

Baca juga: Ini Hal Paling Kritikal Dalam Pengelolaan Vaksin Menurut BPOM

  • Masker bedah adalah penutup wajah yang longgar dan berfungsi sebagai penghalang untuk melindungi mulut dan hidung dari potensi kontaminan, biasanya digunakan oleh profesional medis sebagai alat pelindung diri (APD). Mereka juga dapat digunakan oleh pasien yang sakit untuk meminimalkan penyebaran penyakit dari tetesan partikel besar yang dibatukkan dan dikeluarkan.
  • Respirator N95 adalah masker ketat yang menyaring setidaknya 95% partikel di udara untuk meminimalkan paparan virus dan bakteri pemakainya. Mereka dipakai oleh petugas kesehatan dan responden pertama yang merawat orang sakit dan tidak ingin terinfeksi.

Karena masker ini bertindak sebagai penghalang fisik terhadap tetesan dan kuman pernapasan, mereka juga dapat memindahkan partikel tersebut ke permukaan lain. Hal ini membuat masker sekali pakai menjadi potensi bahaya dalam menyebarkan dan menularkan penyakit jika digunakan kembali atau tidak dibuang dengan benar.**(Feb)

Tinggalkan Balasan