Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Fakta Keajaiban Manfaat Air dalam Tubuh yang Wajib Kamu Tahu

Start your day with some warm lemon water

Topcareer.id – Menjaga kesehatan tak hanya dari asupan makanan dan suplemen vitamin yang cukup. Air menjadi salah satu unsur terpenting dalam membentuk ketahanan tubuh yang memadai.

Perlu kamu tahu, 70 persen tubuh manusia terdiri dari air, maka bisa dibayangkan sebesar apa manfaat air bagi tubuh. Berikut sejumlah tips dan fakta-fakta mengagumkan mengenai fungsi air dalam tubuh manusia.

1.Dalam ilmu kimia, air disimbolkan dengan H2O. Namun air yang baik dan berkualitas tidak hanya sekedar H2O. Air minum berkualitas memiliki kandungan mineral dan elektrolit yang cukup agar khasiatnya semakin terasa bagi kebugaran tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Saat Bekerja, dan Berapa Banyak Mesti Kita Minum?

2. Satu dari dua orang Indonesia pernah mengalami dehidrasi ringan. Kondisi ini disebabkan tidak sedikitnya orang yang mengabaikan pentingnya asupan cairan dalam tubuh. Padahal, tubuh manusia membutuhkan sekurang-kurangnya 2 liter air setiap hari.

3. Pasokan 2 liter air yang dibutuhkan tubuh setiap hari dapat dibagi dengan takaran berikut: sebelum tidur 1 gelas, bangun tidur 1 gelas, sebelum makan 1 gelas, setelah makan 1 gelas, setelah banyak berbicara 1 gelas, dan sisanya saat beraktivitas. Biasakan untuk minum sebelum merasa haus.

4. Setiap kali selesai buang air kecil, biasakan untuk langsung minum segelas air. Cairan yang keluar dari tubuh akan mengurangi jumlah ideal kandungan air yang dibutuhkan. Intinya, setiap kali ada pengeluaran harus ada pemasukan lagi.

Baca juga: Tak Gairah Bekerja? Begini Cara Mengembalikan Semangat

5. Otak, ginjal, dan jantung merupakan organ tubuh manusia yang paling banyak mengandung air. Organ tubuh paling utama yang banyak menyerap air ialah otak sebagai pusat kontrol tubuh, sehingga dehidrasi dan kurangnya asupan cairan dapat mengurangi tingkat konsentrasi. Kamu tidak mau kan, jadi lemot gara-gara kurang minum?

6. Air menjadi bagian dari P3K yang baik. Setiap kali merasakan gejala sakit, segera tingkatkan asupan cairan dalam tubuh. Saat flu, minumlah sekurang-kurangnya 2 gelas setiap 2 jam sekali. Konsumsi air yang cukup juga dapat melancarkan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan akibat flu.

7. Setiap kali si buah hati selesai minum susu, segera berikan segelas air putih. Susu mengandung laktosa dan gula yang dapat merusak email gigi. Dengan meminum air setelah minum susu, zat-zat yang menempel di gigi dapat terkikis, hingga membuat gigi lebih kuat.

8. Banyak minum air memang bagus, tapi jangan melebihi batas yang disarankan. Meminum 1 liter air sekali teguk dapat berbahaya bagi aliran darah. Jika air memasuki tubuh dalam jumlah besar sekaligus, air dapat terserap masuk ke aliran darah dan meningkatkan tekanan darah. * Diolah dari berbagai sumber

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply