Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, May 5, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Menkeu Jabarkan Berbagai Upaya Pemerintah Dukung Industri Kreatif

Menkeu Sri Mulyani paparkan sejumlah dukungan pemerintah untuk industri kreatifMenkeu Sri Mulyani paparkan sejumlah dukungan pemerintah untuk industri kreatif. (dok. Kemenkeu)

Topcareer.id – Pemerintah terus berupaya untuk mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia. Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani menjabarkan berbagai bentuk dukungan pemerintah untuk industri kreatif Indonesia.

Menkeu menyebut di antaranya termasuk penguatan konektivitas untuk menghubungkan konten kreator dengan audiensnya.

“Digital technology dan platform YouTube jelas telah menciptakan sebuah environment yang baru. Sebagai pemerintah di bidang Kementerian Keuangan pengelola keuangan negara, kami tentu sangat mendukung untuk memperkuat ekosistem bagi dunia kreatif ini di Indonesia,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya melalui siaran pers, Kamis (26/10/2023) di Jakarta.

Menkeu menambahkan, belanja infrastruktur di dalam APBN selama ini sangat signifikan untuk terus mengejar ketertinggalan Indonesia. Selain infrastruktur fisik seperti jalan tol, pelabuhan, dan bandara, pemerintah juga memastikan infrastruktur untuk konektivitas digital seperti listrik dan internet.

“Dari mulai satelite, fiber optik, sampai dengan berbagai sarana untuk bisa mengkonekkan masyarakat Indonesia dengan digital technology dan konektivitas secara digital,” ujar dia.

“Itu adalah dukungan dari pemerintah, terutama keuangan negara untuk bisa menciptakan tadi dari sisi audiencenya YouTube maupun kreatornya,” tambah Menkeu.

Baca juga: Ini 17 Subsektor Ekonomi Kreatif Yang Bisa Jadi Jaminan Utang

Pemerintah juga mendukung peningkatan sumber daya manusia melalui anggaran pendidikan sebesar 20% dari total anggaran pemerintah.

Sri Mulyani mengungkapkan, dengan adanya platform YouTube, maka pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki seseorang bisa dibagikan kepada khalayak lebih banyak sehingga meningkatkan dampak positifnya.

“Makanya knowledge experience yang di-share akan memberikan dampak yang jauh lebih besar. Inilah investasi di bidang pendidikan yang banyak saya harapkan akan menjadi salah satu pendukung bagi makin meningkatnya demokratisasi di Indonesia di dalam memanfaatkan teknologi digital, termasuk platform YouTube,” tandasnya.

Ia pun memaparkan dukungan Kementerian Keuangan untuk industri kreatif, termasuk UMKM melalui berbagai cara, dari mulai kredit yang diberikan dengan subsidi maupun akses terhadap permodalan.

“Kami dari Kementerian Keuangan akan terus mendukung industri yang growing ini dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya dan memberikan kesempatan yang sama sehingga generasi muda bisa terus mencapai apa yang dicita-citakan,” pungkasnya.

Leave a Reply