Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, May 19, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

UGM Masih Buka Jalur IUP dengan 1.010 Kuota

IUP UGM masih dibuka untuk gelombang 3.IUP UGM masih dibuka untuk gelombang 3. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Universitas Gadjah Mada masih membuka jalur International Undergraduate Program (IUP) dengan 13 fakultas dan total 26 program studi. Tahun ini, UGM menyediakan 1.010 kuota dan 413 mahasiswa telah diterima melalui seleksi IUP UGM Gelombang 1.

Namun, bagi kamu yang ingin mengambil jalur ini, masih tersedia sisa kuota lewat seleksi IUP untuk gelombang 2 dan 3.

Beberapa prodi IUP di yang ditawarkan yakni prodi Peternakan, Biologi, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi, Teknik Biomedis, Teknik Sipil dan Lingkungan, Teknik Kimia, Teknik Geodesi, Teknik Geologi, Teknik Informasi, Teknik Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Geografi Lingkungan, Hukum, Kimia, Ilmu Komputer, Elektronika dan Instrumentasi.

Selanjutnya, prodi kedokteran, Farmasi, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Manajemen dan Kebijakan Publik, Kedokteran Hewan, dan Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil.

Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Sigit Priyanta mengatakan bahwa jalur IUP memberikan kesempatan pada calon mahasiswa untuk berkuliah di dalam negeri menggunakan kurikulum internasional.

Sebab, di kelas internasional ini para mahasiswa tidak hanya menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar, melainkan terdapat kurikulum dan pengajar yang memenuhi standar internasional, serta kewajiban untuk melakukan international exposure berupa double degree atau pun pertukaran mahasiswa dengan universitas mitra di luar negeri.

Baca juga: Kemendikbudristek Resmi Buka Lagi Beasiswa Pendidikan Indonesia

“Mahasiswa mendapatkan kesempatan lebih besar mengikuti international exposure lewat IUP,” kata Sigit melalui rilis berita di laman resmi UGM, dikutip Selasa (7/5/2024).

Sigit menjelaskan, sntuk pendaftaran Program IUP UGM untuk gelombang 2 telah dibuka sejak 3 April hingga 6 Mei 2024 secara daring. Sedangkan untuk gelombang 3 dibuka dari 19 juni hingga 10 juli 2024.

“Kuota untuk seleksi IUP gelombang 2 dan 3 akan dikurangi berdasarkan jumlah mahasiswa yang telah diterima di gelombang 1,” ujar Sigit.

Kepada calon mahasiswa baru yang ingin mengikuti seleksi program IUP harus mengikuti beberapa proses seleksi, yakni:

1. Gadjah Mada Scholastic Test (GMST) yang dilaksanakan bagi calon mahasiswa baru pada satu tahun terakhir,
2. Skor TOEFL ITP/IBT,
3. Duolingo English Test,
4. AcEPT UGM atau IELTS,
5. Wawancara,
6. Focus Group Discussion, serta
7. Melampirkan prestasi baik akademik maupun non akademik sebagai nilai tambahan dari proses penilaian.

“Setiap fakultas juga memiliki format tes yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan dan kesesuaian calon mahasiswa dengan program studi yang dipilih,” ucap Sigit.

Leave a Reply