Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Kota Daerah Wisata yang Paling Banyak Dituju Selama Libur Nataru

Yogyakarta. Dok/Gotravelaindonesia.com

Topcreer.id – Kabar gembira buat industri pariwisata Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan tingkat okupansi hotel selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 di kawasan destinasi wisata, full 100 persen.

Ia menyampaikan bahwa tingkat keterisian hotel selama libur Nataru sangat positif untuk daerah destinasi wisata seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, dan Bali. Secara umum, hotel-hotel favorit di kawasan destinasi wisata full 100 persen pada periode libur ini.

“Dan sebagian tingkat keterisian kamar secara menyeluruh mencapai 80 sampai 90 persen untuk wilayah Pesisir Selatan dan Utara Pulau Jawa, ini sayangnya karena cuaca ekstrem yang di akhir tahun ada penurunan sedikit di wilayah pesisir dan utara Pulau jawa, karena kekhawatiran terhadap cuaca ekstrim,” kata Menparekraf Sandiaga dalam siaran pers, dikutip Rabu (4/1/2023).

Lebih lanjut, Menparekraf menyampaikan data terkait jumlah penumpang dalam penerbangan selama momen Nataru masih dalam perhitungan.

Meski demikian untuk data Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, tercatat telah melayani 624.925 penumpang, dengan rata-rata 56.811 orang/hari sejak dibukanya Posko Angkutan Udara Nataru pada 19-29 Desember 2022, dan melayani sebanyak 3.776 pergerakan pesawat. Dimana 2.265 adalah pergerakan untuk pesawat domestik dan 1.511 untuk pergerakan internasional.

Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, ada 44,2 juta pergerakan orang pada libur Nataru, dengan 9,1 juta orang bepergian saat Natal, 19,4 juta orang saat Natal dan Tahun Baru, dan 15,6 juta saat tahun baru. Pada pergerakan tersebut, 11,02 persen atau 4,8 juta orang menggunakan moda transportasi udara.

Baca juga: Kemenhub: 10 Juta Orang Bepergian Dengan Angkutan Umum Selama Nataru

Adapun lima daerah tujuan terbanyak pergerakan pada masa Nataru berdasarkan survei yang sama oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, yakni:

Jawa Tengah dengan prediksi pergerakan masyarakat sebanyak 8,7 juta orang;
Jawa Timur dengan prediksi pergerakan masyarakat sebanyak 7,7 juta orang;
Jawa Barat dengan prediksi pergerakan masyarakat sebanyak 6,5 juta orang;
Jabodetabek dengan prediksi pergerakan masyarakat sebanyak 4,7 juta orang;
DI Yogyakarta dengan prediksi pergerakan masyarakat sebanyak 3,6 juta orang.

Sementara kota/kabupaten daerah wisata yang menjadi daerah tujuan terbanyak pergerakan pada masa Nataru yaitu:

Yogyakarta dengan potensi pergerakan sebanyak 1,9 juta orang;
Kabupaten Bandung dengan potensi pergerakan sebanyak 1,3 juta orang;
Kabupaten Malang dengan potensi pergerakan sebanyak 1,19 juta orang;
Kota Bandung dengan potensi pergerakan sebanyak 1,18 juta orang;
Kabupaten Bogor dengan potensi pergerakan sebanyak 988,8 ribu orang.

Momen Nataru juga menjadi berkah bagi destinasi wisata. Misalnya Ragunan hingga Minggu, 1 Januari 2022 pukul 12.00 WIB telah dikunjungi 34.621 orang; Ancol hingga Minggu, 1 Januari 2022 pukul 12.00 WIB telah dikunjungi 15.000 orang.

Menparekraf juga menyampaikan bahwa pencabutan PPKM pada 30 Desember 2022 menjadi angin segar bagi wisatawan. Meski demikian, ia mengingatkan wisatawan untuk mengutamakan kesehatan, keselamatan, serta menggaungkan program sertifikasi CHSE dan mengambil pelajaran dari pandemi COVID-19.

Leave a Reply