Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, May 5, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Bocoran Keterampilan yang Dicari Perusahaan Saat Merekrut Karyawan

Sumber foto: kitaboo.com

Topcareer.id – Disebutkan dalam laporan Economist Impact berjudul “Menjembatani kesenjangan keterampilan: Menumbuhkan karier dan ekonomi di Indonesia”, perkembangan sektor teknologi dapat menciptakan 20-45 juta kesempatan kerja baru.

Selain itu, laporan tersebut mendapati bahwa sektor non-teknologi — misalnya jasa profesional, manufaktur, dan konstruksi — diperkirakan akan mengalami pertumbuhan tertinggi dalam hal kontribusi PDB dari pekerja berketerampilan digital, seiring dengan bertambah tingginya adopsi teknologi dalam sektor ini untuk meningkatkan produktivitas.

People Partner Lead – Technology DANA Indonesia, Atika Amirah setuju bahwa keterampilan seperti machine learning memang dapat meningkatkan daya tarik calon karyawan dalam proses perekrutan.

Malah, kata dia, perusahaan ini juga menyebutkan bahwa pelatihan Bangkit merupakan salah satu kualifikasi yang mereka perhatikan, mengingat peserta harus menyelesaikan 900 jam kursus untuk lulus.

Baca juga: Google Sediakan 11.000 Beasiswa, Bidang IT Support Hingga Keamanan Siber

“Kami telah merekrut sejumlah lulusan Bangkit, dan kami menganggap keberhasilan mereka menyelesaikan kurikulum yang ketat itu menunjukkan bahwa mereka memiliki keunggulan dibanding kandidat lainnya,” jelas Atika.

“Mereka mampu belajar dengan cepat, berkinerja baik, dan mudah diajak bekerja sama,” lanjut Atika yang memimpin tim People Partner di perusahaan tersebut untuk divisi teknologi.

Perusahaan jasa keuangan juga telah mempertimbangkan Google Career Certificates sebagai salah satu sertifikasi yang baik untuk dimiliki para kandidat.

“Terutama untuk beberapa lowongan pekerjaan di bidang analitik data dan pemasaran digital, diperlukan adanya keterampilan spesifik yang harus dimiliki,” tegas Grase Oksiana dari tim Human Capital di Astra Financial.

“Jika Anda sedang mencari pekerjaan, berganti karier, atau mencoba dipromosikan, memperoleh keterampilan digital baru adalah cara terbaik untuk menampilkan diri di pasar kerja yang semakin kompetitif.”

Leave a Reply