real
        time web analytics

Dari Kami

Sukses Komentator Kenamaan Lewat Contekan


TOPCAREER.ID – Komentator olahraga wajib paham informasi atau pengetahuan seputar olahraga tersebut. Misal, komenator sepak bola ya harus tahu para pemainnya, strategi yang digunakan, serta bahasa yang tepat seputar sepak bola. Tak jarang, mereka punya contekan demi mendukung pekerjaan.

Bahkan komentator olahraga televisi (TV) kenamaan seperti Derek Rae mempunyai contekan yang ia buat sendiri sebelum sebuah pertandingan dimulai. Malah, lucunya contekan itu hanya bisa dibaca oleh Rae sendiri lantaran tulisan yang dibuat tak beraturan.

Dalam laman Inews.co.uk, Rae mengaku bahwa semua informasi yang ia perlukan ada dalam contekan itu dan memang hanya ia yang paham. Ia berkelakar, bahkan perwira intelijen atau pemecah sandi sekalipun tak mampu membaca atau menerjemahkan contekan yang ia miliki.

“Saya memasukkan semuanya ke dalam satu lembar kertas A4 dilipat dua, diberi kode warna dan saya mulai mencoret-coret pada hal-hal kecil yang menarik. Saya menulisnya sebelum memulai pertandingan, sampai lembaran akan penuh. Tidak ada yang bisa membacanya,” kata Rae.

Menurutnya, lembar contekan itu memang dirancang sedemikian rupa agar mudah dipahami oleh Rae sendiri. Jadi ketika ia memerlukan informasi yang dibutuhkan, ia tahu persis di mana informasi itu tertulis.

Seorang komentator yang baik seharusnya tak salah memberikan informasi apalagi jika salah menyebut nama. Persiapan menjadi hal terpenting bagi Rae sebelum memulainya.

“Jika saya berkomentar di Arab Saudi, saya akan menelepon kedutaan Arab Saudi dan berbicara dengan bagian kantor pers mereka. Apalagi soal nama, itu merupakan suatu kehormatan. Tidak bisa diterima jika wartawan salah menulis atau mengeja nama seseorang,” ucap Rae.

Selain paham seputar informasi yang akan diberikan saat pertandingan, seorang komentator juga harus siap, apakah ia berperan sebagai komentator solo atau duduk bersama dengan komentator lainnya.

Rae menyampaikan yang terpenting adalah bagaimana membangun hubungan dengan komentator lain, layaknya dua striker yang main bersama. Kemudian temukan gaya yang sesuai dengan dirimu sehingga memiliki ciri ketika penonton mendengarkannya.

“Temukan sudut pandangmu. Kamu harus menjadikan dirimu istimewa, itu berarti menemukan sesuatu yang benar-benar sesuai dengan kepribadianmu. Dengarkan semua komentator lain yang kamu idolakan, tetapi buat versi kamu sendiri,” ujar Rae.

0 Comments

Lowongan Terbaru