Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 8, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

PHK Perusahaan Startup di Asia Tenggara Meningkat, Ini Alasannya

Ilustrasi kantor GoTo. (source: GoTo)Ilustrasi kantor GoTo. (source: GoTo)

Topcareer.id – Kabar PHK perusahaan startup bertubi-tubi mewarnai pemberitaan ekonomi. Banyak perusahaan start up teknologi di Asia Tenggara yang mem-PHK pekerjanya tahun ini. Hal itu lantaran hambatan makro yang memperlebar kerugian.

Pekan lalu, pasar online Carousell mengumumkan akan melepaskan sekitar 10% dari jumlah karyawannya — atau sekitar 110 posisi.

Pada bulan November, GoTo Group di Indonesia memangkas 1.300 pekerjaan atau sekitar 12% dari jumlah karyawannya. Kedua perusahaan mengutip tantangan ekonomi makro yang menantang.

Sea Group, menurut media lokal, mem-PHK lebih dari 7.000 karyawan selama enam bulan terakhir.

“Para pendiri berhati-hati dengan mengelola biaya di lingkungan ini untuk memastikan ada landasan pacu yang cukup hingga akhir 2024,” kata Jia Jih Chai, salah satu pendiri dan CEO agregator merek e-commerce Rainforest yang berbasis di Singapura, mengutip CNBC.

Chai sebelumnya adalah wakil presiden senior di Carousell dan direktur pelaksana di Airbnb.

“Ada tanda-tanda bahwa kita memasuki resesi, meskipun kita belum siap. Oleh karena itu, permintaan pelanggan kemungkinan akan lebih lambat pada tahun 2023,” kata Chai.

Dalam sebuah catatan kepada karyawan Carousell, CEO Quek Siu Rui mengakui telah terjadi “kesalahan kritis”. Dia mengatakan dia “terlalu optimis” tentang pemulihan Covid dan meremehkan dampak pertumbuhan timnya yang terlalu cepat.

“Kenyataannya adalah kami dengan cepat meningkatkan pengeluaran dan perekrutan kami, tetapi pengembaliannya memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan,” kata Quek.

Baca juga: Lima Tren Dunia Kerja Pada 2023

Ia menambahkan bahwa telah ada langkah-langkah pemotongan biaya dalam beberapa bulan terakhir dan kepemimpinan Carousell akan melakukan pemotongan gaji sukarela.

Perusahaan teknologi hanya melihat awal dari PHK, kata Kantrowitz dari Big Technology.

Jefrey Joe, co-founder dan managing partner Alpha JWC Ventures mengatakan, sebelumnya, perusahaan dirancang untuk pertumbuhan yang cepat sehingga perlu ada perubahan yang dilakukan saat organisasi mengalami pergeseran dari pertumbuhan yang kuat menuju pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Misalnya, Anda mungkin tidak memerlukan terlalu banyak tenaga pemasaran jika anggaran pemasaran dipotong,” kata Jefrey.

Startup teknologi di Asia Tenggara sebagian besar masih belum menguntungkan, dengan nama-nama seperti Sea Group dan Grab mengalami kerugian miliaran setiap tahunnya.

PHK Tech Asia Tenggara 2022

GLINTS: 18% dari total karyawan
SEA GROUP: 7,000+
GOTO GROUP: 1,300
ZENIUS: 200+
CAROUSELL: 110
FOODPANDA: 60
CARSOME: Kurang dari 10% total karyawan
IPRICE GROUP: 50
STASHAWAY: 31

Leave a Reply