Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Pasien Sembuh Masih Bisa Tularkan Virus Covid-19?

foto: nytime.com

Implikasi kekebalan

Pasien dalam tes ini adalah semua profesional medis yang mengambil tindakan pencegahan yang sangat hati-hati untuk menghindari penyebaran penyakit saat di rumah.

Virus yang bertahan dalam tubuh dapat memperoleh respon imun yang cukup untuk memberikan perlindungan terhadap infeksi baru, kata Johnson. Ada banyak pertanyaan juga tentang berapa lama kekebalan akan bertahan, kata Tumban.

Sebagai contoh, tubuh mempertahankan kekebalan terhadap virus korona yang menyebabkan flu biasa hanya satu atau dua tahun. Dan selalu ada kemungkinan bahwa virus corona baru akan bermutasi ketika bergerak melalui populasi, berubah menjadi versi yang tidak dapat dikenali oleh sistem kekebalan tubuh.

“Tantangannya adalah, seberapa cepat ini bermutasi?” Kata Johnson. Lebih banyak studi tindak lanjut diperlukan untuk memahami pemulihan dari COVID-19. Orang-orang dalam studi dari Wuhan itu semua memiliki usia dan status kesehatan yang sama, dan tidak ada yang mengalami penyakit parah dari COVID-19.

Baca juga: Cara Belanja Aman dari Tertular Corona Menurut Ahli Kesehatan

Penelitian di masa depan juga harus melihat viral load di dalam paru-paru. Tenggorokan menangkap virus hanya dari bagian atas saluran pernapasan, tetapi virus membuat rumahnya jauh di dalam paru-paru. Pengambilan sampel dari paru-paru adalah prosedur yang lebih invasif, termasuk mencuci cairan melalui alveoli (kantung udara kecil di paru-paru) dan menguji cairan itu untuk partikel virus, kata Tumban. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa pemantauan jangka panjang pasien yang pulih dan kontak mereka adalah penting.

Satu minggu atau dua minggu setelahnya, apakah jumlah virus dalam darah atau paru-paru akan naik ke konsentrasi yang lebih tinggi sehingga orang tersebut dapat menularkannya ke orang lain? Tumban berkata. “Itu sesuatu yang masih belum kita ketahui.”* (RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply