Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 8, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Waskita Karya Raih Penghargaan K3 di Tingkat Dunia

Waskita

Topcareer.id – PT Waskita Karya (Persero) Tbk mendapatkan penghargaan dari World Safety Organization (WSO) untuk kategori penilaian budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang sudah dijalankan dengan sangat baik atau level 4 (Pro Active).

Level ini menunjukkan bahwa perusahaan teruji di lapangan maupun adminitrasi dari hasil survei dan observasi mendalam.

Tahun ini merupakan kali kedua Waskita mendapat penghargaan setingkat dunia. Pada 2019 lalu, Waskita memperoleh penghargaan untuk kategori perusahan terbaik yang berkomitmen dan mengimplementasikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) atau Occupational Health and Safety (OHS) tingkat dunia.

 “Waskita telah mengedepankan penerapan praktek/pelaksanaan K3 sebagai ciri khas sistem manajemen yang telah matang,” kata CEO WSO International Alfredo yang disampaikan SVP QHSE & System Division Subkhan, dalam pers rilis.

Baca juga: Berhenti Minum Kopi? Waspadai Gejala Caffeine Withdrawal

Alat ukur survei kuesioner dan observasi lapangan atau adminitrasi yang digunakan adalah kuesioner yang telah teruji dan pernah dilakukan oleh Ostrom, dan lainnya di Departemen Energi Amerika Serikat. Instrumen ini telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya.

Terdapat 19 dimensi budaya aspek K3 yaitu Safety awareness, Teamwork, Pride & commitment, Excellency, Honesty, Communication, Leadership & supervision, Innovation, Training, Procedure compliance, Safety effectiveness, Facilities, Selection & placement, Emergency, Risk management, Application, Socialization, Involvement, dan Priority of safety.

“Safety leadership (kepemimpinan) dan nilai-nilai keselamatan sudah menuju ke arah peningkatan berkelanjutan atau continuous improvement,” ujarnya.  

“Lalu keterangan hasil award yang disampaikan oleh Alfredo, CEO WSO International, dari keseluruhan budaya aspek K3, secara keseluruhan/umum PT Waskita Karya (Persero) Tbk menunjukkan level budaya K3 yang baik,” ucap Alfredo.

Baca juga: Mendag: Kopi Indonesia Mampu Bersaing di Pasar Global

Selanjutnya, Alfredo menerangkan, pencapaian menuju level tertinggi masih satu level lagi yaitu menuju tingkat World Class (Generative). Diperlukan upaya-upaya peningkatan perilaku budaya K3 dengan melibatkan peran aktif seluruh personil/elemen (bringing it to life).**(Feb)

Leave a Reply