Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Cara Meredakan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Nyamuk demam berdarah. (dok. News Medical)

Topcareer.id – Baik di musim hujan maupun musim panas, gigitan nyamuk kadang tak bisa dihindari. Apalagi jika kita gemar bermain di luar ruangan dengan banyak pepohonan dan udara yang sejuk. Gatal karena gigitan nyamuk membuatmu ingin terus menggaruk.

Sebenarnya, ada banyak perawatan dan pengobatan rumahan yang dapat kamu coba untuk membantu meredakan gatal karena gigitan nyamuk. Apa saja perawatan gigitan nyamuk yang disetujui dokter? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti dalam laman Health.

1. Kompres dingin gatalnya

“Paparan dingin dapat membantu mematikan rasa di area tersebut dan meredakan peradangan sehingga kamu tidak akan merasakan iritasi akibat gigitan,” kata Dr. Payel Gupta, MD, ahli alergi dan imunologi bersertifikat. Gunakan kompres es, waslap yang direndam dalam air es, atau bahkan mandi air dingin untuk meredakan gatal, menurut Perpustakaan Kesehatan Universitas Michigan.

2. Beri krim anti-gatal

Pilihan lainnya adalah mengoleskan losion calamine yang dijual bebas atau krim hidrokortison sesuai petunjuk label. Carilah salep yang mengandung lidokain atau benzokain untuk efek mati rasa tambahan, kata Anna Guanche, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Bella Skin Institute di Calabasas, CA.

Tetapi bicarakan dengan dokter sebelum menggunakan produk hidrokortison pada anak kecil karena dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan, menurut Mayo Clinic.

Baca juga: Ini 3 Macam Minuman Yang Membuat Napas Bau

3. Minum antihistamin

Untuk bantuan cepat dari banyak gigitan yang harus digaruk, cobalah antihistamin yang dijual bebas tanpa resep seperti Zyrtec (cetirizine), Allegra (fexofenadine), atau Claritin (loratadine). “Antihistamin memblokir reseptor histamin untuk mengurangi intensitas gatal dan pembengkakan serta pembengkakan yang terkait dengan gigitan,” jelas Dr. Guanche.

4. Oleskan alkohol gosok

Oleskan sedikit alkohol pada gigitan jika kamu mencari bantuan cepat dan sementara, saran Dr. Guanche. Karena menguap dengan cepat, alkohol dapat memiliki efek pendinginan jangka pendek yang dapat membantu meredakan gatal. Terlalu banyak alkohol dapat mengiritasi atau membakar, jadi gunakan hanya sedikit.

5. Cobalah krim lemon balm

Untuk pengobatan herbal lama, cobalah mengoleskan krim yang mengandung minyak esensial lemon balm pada gigitan. “Senyawa dalam minyak esensial lemon balm dapat membantu meredakan peradangan, mempercepat penyembuhan, dan mengurangi risiko infeksi,” kata Dr. Guanche.

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan untuk memastikan itu aman dan tentukan dosis yang tepat jika kamu sedang hamil, menyusui, atau merawat anak, menurut Perpustakaan Kesehatan Mount Sinai.**(Feb)

Tinggalkan Balasan