Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

26 Juta Data Pelanggan Indihome Diduga Bocor, Ini Tindakan Kominfo

ilustrasi.

Topcareer.id – Beberapa waktu terakhir, ada dugaan kebocoran data pelanggan yang dilakukan oleh Indihome. Terkait hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) tengah melakukan pendalaman terhadap dugaan insiden tersebut.

“Sehubungan dengan informasi dugaan kebocoran data pribadi pelanggan Indihome, PT Telkom Indonesia (Persero), Kementerian Kominfo sedang melakukan pendalaman terhadap dugaan insiden tersebut,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan dalam keterangan tertulisnya pada Minggu (21/8/2022).

Selain itu, Kementerian Kominfo juga akan segera melakukan pemanggilan terhadap manajemen Telkom untuk mendapatkan laporan dan langkah tindak lanjut Telkom terkait dengan dugaan insiden.

Baca juga: Turnamen Hacker Digelar! Para Peretas Terbaik Dunia Adu Kemampuan

Kementerian Kominfo akan segera mengeluarkan rekomendasi teknis untuk peningkatan pelaksanaan pelindungan data pribadi Telkom, dan di saat bersamaan berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sebelumnya ramai-ramai di media sosial soal tersebar isu bahwa 26 juta riwayat pencarian sekaligus nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelanggan Indihome bocor. Bahkan informasi data itu diduga dbagikan gratis ke situs gelap.

“Sekarang 26 juta browsing history yang dicuri itu bocor dan dibagikan gratis. Ternyata berikut dengan nama dan NIK,” tulis akun Twitter Teguh Aprianto @secgron tersebut pada Minggu (21/8/2022).

Leave a Reply