Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Nih, Kebiasaan Buruk Pemimpin Yang Harus Dihindari (Bagian 2)

Ilustrasi kalimat beracun dari bos.Ilustrasi kalimat beracun dari bos. (dok. Career Buzz)

Topcareer.Id – Beberapa karyawan menginginkan seorang pemimpin yang mengenal mereka secara pribadi atau sering memeriksa mereka, sementara yang lain mungkin ingin dibiarkan sendiri dan akan menjangkau ketika mereka membutuhkan bantuan.

Karyawan yang memiliki harapan berbeda ini harus menjadi perhatian bagi para pemimpin.

Terlepas dari perbedaan preferensi individu, ada beberapa kebiasaan kepemimpinan tim yang biasanya membuat karyawan frustrasi dan mungkin pergi mencari pekerjaan baru.

Salah satu cara untuk belajar menjadi pemimpin yang terbaik adalah dengan berani melihat kebiasaan buruk.

Bagian akhir dari artikel

Harapan tidak jelas
Terikat erat dengan kurangnya komunikasi, ketika pemimpin tim tidak jelas dengan harapan untuk tim dan setiap individu, frustrasi pasti akan terjadi.

Ketika harapan tidak didefinisikan di muka dengan kejelasan peran dan akuntabilitas, hal itu merusak kinerja dan hasil tim serta berdampak negatif pada keterlibatan, hubungan, dan kerja tim karena semua orang mulai saling menunjuk ketika ada yang salah.

Akuntabilitas kurang
Akuntabilitas dalam manajemen dapat didefinisikan sebagai komitmen pemimpin untuk mengambil kepemilikan atas tindakan mereka, menerima tanggung jawab untuk mereka, dan melaporkan hasil terhadap apa yang diinginkan.

Karena akuntabilitas dimulai dengan kepemimpinan, jika Anda tidak bertanggung jawab, karyawan dan kolega Anda mungkin juga tidak melihat gunanya bertanggung jawab.

Pada akhirnya, kebiasaan kepemimpinan yang buruk ini dapat menumbuhkan kebencian dan membubarkan kepercayaan dan rasa hormat.

Baca juga: Pengin Kualitas Tidur Membaik? Konsumsi 5 Makanan Ini Sebelum Tidur

Meeting tidak terorganisir
Frustrasi yang dihasilkan dari rapat atau meeting yang tidak terorganisir sudah cukup untuk membuat hampir semua orang gagal.

Ketika rapat tim tidak memiliki agenda, tujuan, atau pemimpin yang mengarahkan percakapan, akan sangat mudah bagi individu untuk memonopoli percakapan.

Mengutip dalam artikel HBR, Why Your Meetings Stink – And What To Do About It, menjelaskan bahwa “para pemimpin secara konsisten menilai rapat mereka sendiri dengan sangat baik.

Nah, ketika manajer berasumsi bahwa rapat mereka berjalan dengan baik, mereka cenderung enggan meminta umpan balik dan mencari peluang untuk meningkatkan.

Akibatnya, rasa frustrasi yang sering dirasakan oleh peserta rapat membuat mereka tidak puas dan tidak terlibat.

Enggan memberikan feedback
Kebiasaan lain yang terkait erat dengan kurangnya komunikasi adalah tidak adanya umpan balik.

Anggota tim mendambakan umpan balik dari pemimpin mereka. Tanpa itu, mereka tidak tahu di mana mereka berdiri, mereka pun jadi tidak tahu jika ada sesuatu yang harus mereka tingkatkan.

Ditemukan dalam survei manajer bahwa 37% responden mengaku tidak nyaman memberikan umpan balik langsung kepada seorang karyawan jika mereka merasa karyawannya akan merespons dengan cara yang negatif.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply