Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Introvert Punya Potensi Jadi Pemimpin Hebat, Ini Alasannya

Credit photo: General AssemblyCredit photo: General Assembly

Topcareer.id – Percayakah kamu? Orang ekstrovert punya potensi untuk jadi pemimpin sukses. Mereka cenderung blak-blakan dan tak pernah menghindar untuk berbagi ide-ide mereka.

The Ladders berbicara dengan beberapa psikolog dan pakar hubungan manusia untuk mendapatkan wawasan ahli tentang bagaimana seorang introvert memiliki potensi terkait kesuksesan kerja.

1. Pemikir yang mendalam

“Introvert cenderung menjadi pemikir yang ahli. Jika mereka dilatih untuk menggunakan keterampilan ini dengan baik, mereka dapat memecahkan masalah pada tingkat lanjut. Itu berkat kemampuan mereka untuk mempertimbangkan beberapa skenario, ketimbang hanya bersemangat menjalankan satu cara,” jelas Dr Clinton Moore, Psikolog Klinis di Sydney, Australia, yang bidang keahlian utamanya adalah kecemasan dan perfeksionisme.

Di dalam tempat kerja, ini berarti bahwa introvert sangat membantu dalam mengatasi beberapa sifat impulsif. yang biasanya terlihat dalam pribadi ekstrovert.

2. Introvert mampu mempertahankan fokus dan menciptakan kesan bertahan lama

Introvert mampu melakukan pemikiran terbaik mereka dan berkonsentrasi sendirian. Mereka tumbuh subur sendirian.

“Ini berarti akan lebih mudah untuk bekerja dari rumah karena introvert tidak menginginkan interaksi sosial,” kata Penasihat Profesional Berlisensi, Erica Wiles.

Meski deminkian, mereka bisa sepenuhnya terlibat dan bersosialisasi saat dibutuhkan. “Keterampilan ini juga bermanfaat dalam hal jaringan,” jelas Farah Harris, MA, LCPC.

3. Seorang introvert dapat membantu keluar dari drama kantor

Drama, gosip antar kantor dan konflik dengan teman sebaya adalah hal-hal yang mudah untuk dihindari seorang introvert. Ini membuatnya lebih mudah untuk mempertahankan batas yang sesuai dalam pengaturan kerja.

“Introvert cenderung jarang terlibat dalam percakapan sampingan karena mereka tidak menikmatinya. Juga, mereka umumnya kurang menyadari situasi eksternal atau ketegangan karena mereka cenderung menghabiskan sebagian besar waktu mereka fokus ke dalam,” jelas Wiles.

4. Menjadi seorang introvert membantu menjaga keseimbangan kerja/kehidupan yang sehat

“Introvert menarik kekuatan dan penyegaran mental, emosional, fisik dari kesendirian. Kualitas ini dapat membantu memastikan bahwa mereka keluar dari kantor tepat waktu. Ini juga memungkinkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk fokus dan terlibat dalam perawatan diri,” kata Wiles.

5. Introvert membantu meningkatkan ketenangan

Karena orang introvert tidak suka mengobrol, sikap mereka yang tenang dapat memberikan rasa tenang. “Bersikap cool dan menguasai diri adalah sifat-sifat hebat untuk dimiliki seorang pemimpin,” kata Harris.

6. Introvert adalah pemecah masalah yang hebat

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, para introvert mendapatkan energi ketika mereka sendirian. Ini memberikan ketenangan yang mereka butuhkan untuk mendengar pikiran mereka sendiri, mendapatkan wawasan, dan fokus pada tugas yang dihadapi. Menurut Harris, kemampuan untuk fokus dan tak mudah terganggu adalah keuntungan besar seorang pemimpin.

Leave a Reply