Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ingin Jadi Barista Kopi Terbaik? Lakukan 5 Hal Ini

Dok. Career Test

Topcareer.id – Bisnis coffe shop semakin tumbuh. Kedai kopi menjamur di mana-mana. Mulai dari brand ternama hingga brand baru bermunculan.

Pekerjaan sebagai barista kopi pun meningkat. Selain popularitas kedai kopi yang kini sedang naik, profesi barista kopi ikut menjadi tren.

Bagaimana kamu bisa menjadi seorang barista kopi yang baik? Dilansir dari Houseofcoco.net, Rabu (11/3/2020), berikut ini hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi barista kopi terbaik.

Baca juga: Jenis Kopi yang Diminum Ternyata Ungkap Kepribadianmu

1.Tetap bersih saat bekerja
Kopi itu luar biasa, tetapi juga sangat berantakan. Di sebagian besar kedai kopi, pelanggan dapat melihat semua yang terjadi di belakang meja kerjamu sebagai barista. Apakah menurutmu mereka akan kembali jika mereka melihat tempat kerjamu kotor? Kekacauan akan terus menumpuk kecuali kamu selalu sigap menanganinya saat itu terjadi agar tetap bersih.

2. Minum banyak jenis kopi
Tidak semua orang yang masuk ke kedai kopi akan tahu persis apa yang mereka inginkan. Banyak orang memiliki pesanan khusus, dan akan selalu ada pecinta kopi pemula. Jika seseorang memintamu untuk memberi mereka rekomendasi dan menanyakan bagaimana rasanya, kamu tentu tidak ingin memberi mereka jawaban kosong. Kamu harus selalu mencoba setiap produk baru yang tersedia dan kamu juga harus mencoba campuran yang berbeda.

3. Simpan biji kopi dengan benar
Tidak peduli seberapa tinggi kualitas biji kopi, jika tidak disimpan dengan benar maka hasil akhirnya tidak akan enak. Oksidasi bisa merusak biji kopi dan berpengaruh tidak baik terhadap rasanya saat diseduh. Kamu harus menyimpannya di tempat yang kedap udara dan simpan di lemari yang kering. Ini cara terbaik untuk mempertahankan kualitas dan rasanya.

Baca juga: Begini Kondisi Kualitas Barista di Indonesia

4. Jangan gunakan air mendidih
Kopi sebenarnya bereaksi lebih baik terhadap air yang tidak sepenuhnya mendidih. Kebanyakan orang membuatnya dengan air yang sangat mendidih. Mereka tidak menyadari bahwa mereka mengorbankan kualitas rasa kopi dengan air mendidih. Yang harus kamu lakukan adalah setelah air mencapai titik didihnya, diamkan dan dinginkan selama sekitar tiga puluh detik. Kamu masih akan bisa membuat secangkir kopi yang enak dan panas, kamu juga akan tetap bisa mempertahankan kualitas rasanya.

5. Kembangkan keterampilan layanan pelanggan
Bekerja sebagai barista tidak semua tentang biji kopi dan air. Kualitas pengalaman pelanggan kamu sama seperti halnya kopi. Para pelanggan kedai kopi mengharapkan sesuatu dari kamu dan semua orang akan menginginkan sesuatu yang berbeda juga dari dirimu sebagai barista yang melayani pesanan kopi mereka. Berlatihlah terus untuk meningkatkan kualitas layanan pelangganmu. *

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply