Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Karyawan Burnout? Begini Cara Mengatasinya

Dok. Unique IQ

Topcareer.id – Sebagai seorang atasan, terkadang kita suka kesal jika melihat ada karyawan yang malas-malasan atau tidak semangat dalam bekerja. Padahal, bisa saja itu merupakan reaksi karyawan atas kejenuhan pekerjaan alias burnout.

Untuk mengatasinya, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperbaiki pola birokrasi sehingga para karyawan merasa tidak dihambat dan dihargai niat baiknya.

Kamu juga perlu berusaha membuat komunikasi yang baik (bukan hanya sekadar pada saat-saat formal seperti pada rapat saja), sehingga karyawan menyadari jika mereka dipimpin oleh orang yang kompeten, efisien, dan penuh komitmen.

Kedua, buatlah pembinaan pegawai secara profesional. Salah satunya dengan memberikan bantuan-bantuan berwujud layanan profesional guna meningkatkan proses dan hasil yang menggairahkan.

Ketiga, jalinlah hubungan profesional dengan karyawan. Kamu dapat membuat suasana komunikasi yang akrab dan tidak bersikap otoriter sebagai pemimpin. Dengan cara ini, karyawan kamu akan lebih bersikap terbuka, sehingga dapat bersinergi dalam mengembangkan perusahaan.

Terakhir, berikanlah dukungan sosial pada karyawan kamu. Dukungan ini dapat berupa saran dalam mengatasi masalah pekerjaan yang dihadapi mereka.

Selain itu, tunjukkan empati kamu terhadap perasaan-perasaan karyawan saat menghadapi klien atau permasalahan. Berilah contoh tingkah laku yang dapat dijadikan panutan di tempat kerja.

Catatan: Artikel ini pernah dimuat di majalah Topcareer edisi Desember 2012 dengan judul Waspadai Burnout Pada Karyawan Anda.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply