Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Catat, Kini Seluruh Wilayah Indonesia Dilarang Mudik

Aturan larangan mudikIlustrasi. (dok. Merdeka.com)

Topcareer.id – Jika sebelumnya larangan mudik hanya berlaku untuk daerah-daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan yang termasuk ke dalam zona merah, kini larangan itu berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

“Kalau pemerintah itu mengumumkannya umum tidak boleh mudik, jadi berlaku bagi seluruh Indonesia” kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam konferensi video di Jakarta, Sabtu (25/4/2020).

Baca juga: Peraturan Menteri Larangan Mudik Dirilis, Ini Jadwal dan Aturannya

Meskipun larangan mudik ini rencananya akan berlaku hingga 15 Juni 2020 mendatang, tapi menurutnya kebijakan tersebut dapat diperpnajang dengan melihat kondisi di laapangan.

“Larangan mudik akan berlaku sampai sesudah Idul Fitri. Akan tetapi jika situasi perkembangan menuntut untuk pergerakan orang dan barang harus dibatasi dalam rangka memutus rantai penularan Covid-19, maka aturan itu bisa diperpanjang sampai ada pada titik minimal untuk dikatakan aman,” jelasnya.

Mahfud juga menegaskan kebijakan yang telah berlaku mulai 24 April 2020 itu akan terus diperketat agar masyarakat mematuhi aturan yang sudah dikeluarkan pemerintah Indonesia.

“Aparat keamanan akan menindak dengan tegas dengan menghentikan orang yang ingin mudik di tengah perjalanannya sebelum meninggalkan daerah asal mudik seperti Jakarta. Demikian juga, mereka yang ingin masuk ke Jakarta dilarang,” pungkasnya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply