Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juli 7, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Perbedaan antara Diabetes Tipe 1 dan 2

Topcareer.id – Diabetes adalah sekelompok penyakit di mana tubuh tidak menghasilkan cukup atau insulin apa pun, tidak menggunakan insulin yang diproduksi dengan benar, atau menunjukkan kombinasi keduanya.

Ketika salah satu dari hal-hal ini terjadi, tubuh tidak dapat memasukkan gula dari darah ke dalam sel. Itu menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Mengutip Healthline, glukosa, bentuk gula yang ditemukan dalam darah, adalah salah satu sumber energi utama. Kurangnya insulin atau resistensi terhadap insulin menyebabkan gula menumpuk dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Baca Juga: Camilan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes (Bagian 1)

Camilan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes (Bagian 2)

Tiga jenis utama diabetes adalah: diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional.

Yang menyebabkan diabetes

Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 diyakini sebagai kondisi autoimun. Ini berarti sistem kekebalanmu secara keliru menyerang dan menghancurkan sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Kerusakan bersifat permanen.

Apa yang mendorong serangan itu tidak jelas. Mungkin ada alasan genetik dan lingkungan. Faktor gaya hidup tidak dianggap berperan.

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 dimulai sebagai resistensi insulin. Ini berarti tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efisien. Itu merangsang pankreasmu untuk memproduksi lebih banyak insulin sampai tidak bisa lagi memenuhi permintaan. Produksi insulin menurun, yang menyebabkan gula darah tinggi.

Baca juga: 7 Alasan Kuat Untuk Mencoba Plant Based Diet

Penyebab pasti diabetes tipe 2 tidak diketahui. Faktor yang berkontribusi mungkin termasuk: genetika, kurang olahraga, kelebihan berat badan, mungkin juga ada faktor kesehatan dan alasan lingkungan lainnya.

Diabetes gestasional

Diabetes gestasional disebabkan oleh hormon penghambat insulin yang diproduksi selama kehamilan. Diabetes tipe ini hanya terjadi selama kehamilan.

Apa saja gejalanya?

Gejala umum diabetes meliputi: rasa haus dan lapar yang berlebihan, sering buang air kecil, mengantuk atau kelelahan, kulit kering dan gatal, pandangan yang kabur, luka yang lambat sembuh.

Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan bercak-bercak hitam pada lipatan kulit di ketiak dan leher. Karena diabetes tipe 2 sering membutuhkan waktu lebih lama untuk didiagnosis, kamu mungkin merasakan gejala pada saat diagnosis, seperti nyeri atau mati rasa di kaki Anda.

Diabetes tipe 1 sering berkembang lebih cepat dan dapat menyebabkan gejala seperti penurunan berat badan atau kondisi yang disebut ketoasidosis diabetikum. Ketoasidosis diabetik dapat terjadi ketika kamu memiliki gula darah yang sangat tinggi, tetapi sedikit atau tidak ada insulin dalam tubuh.

Gejala kedua jenis diabetes ini bisa muncul pada semua usia, namun umumnya tipe 1 terjadi pada anak-anak dan dewasa muda. Tipe 2 terjadi pada orang yang berusia di atas 45 tahun. Tetapi orang yang lebih muda semakin didiagnosis menderita diabetes tipe 2 karena gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan peningkatan berat badan.**(RW)

Tinggalkan Balasan