Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Tips Jaga Keuangan Tetap Aman Saat Belanja Lebaran

Belanja lebaran

Topcareer.id – Selain silaturahmi, ada juga tradisi yang identik dengan Lebaran di Indonesia, yakni belanja. Mulai dari baju, kue-kue, hingga hampers, jadi daftar belanja yang biasa dibeli menjelang atau saat Lebaran. Kalau sudah banyak yang diborong begini, perlu ada pengaturan keuangannya, biar tidak boros.

Mengutip laman SikapiUangmu OJK, pastikan terlebih dahulu kondisi keuangan sebelum berbelanja. Jangan memaksakan diri untuk berbelanja hanya karena merasa gengsi atau terbawa arus gaya hidup.

Supaya tetap bijak dalam berbelanja Lebaran, kamu dapat mengikuti tips berikut ini:

1. Cek kondisi keuangan dan buat pos keuangan khusus Lebaran;
2. Batasi pengeluaran dengan menunda keperluan konsumsi yang tidak penting;
3. Cermat dalam berbelanja dan utamakan belanja kebutuhan bukan keinginan;
4. Belanja hemat dengan memanfaatkan promo yang ditawarkan toko maupun produk keuangan.’

Salah satu produk keuangan yang banyak menawarkan promo adalah kartu kredit.

Kartu kredit merupakan salah satu bentuk pinjaman dari bank yang juga berfungsi sebagai alat pembayaran pengganti uang tunai yang dapat digunakan oleh konsumen untuk membeli barang dan jasa yang diinginkannya di tempat-tempat yang dapat menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit (merchant).

“Kartu kredit sering menjadi pilihan yang menarik karena dapat memudahkan transaksi dan menawarkan fitur cashback atau promo yang bisa Sobat manfaatkan,” tulis situs tersebut.

Baca juga: 10 Tips Mudik Naik Motor Agar Tidak Kelelahan (Bagian 1)

Namun, jangan sampai kemudahan yang ditawarkan kartu kredit membuatmu menjadi konsumtif. Berikut adalah tips memanfaatkan cashback dan promo kartu kredit dengan bijak:

1. Perhatikan ketentuan cashback dan promo yang ditawarkan;
2. Pilih promo sesuai kebutuhan, jangan membeli barang yang tidak bisa Sobat bayar;
3. Pastikan limit kartu kredit mencukupi;
4. Bayar tagihan tepat waktu agar tidak terkena penalti atau denda;
5. Jangan meminjamkan kartu kredit untuk transaksi orang lain;
6. Jaga kerahasiaan data kartu kredit seperti nomor kartu kredit, masa berlaku kartu dan kode CVV.

Sementara, ada juga tips dalam membeli hampers Lebaran. Yang pertama, buat daftar penerima hampers berdasarkan skala prioritas. Kamu bisa mendata rekan dan juga kerabat yang ingin kamu kirimkan hampers.

Selanjutnya, adalah memilih barang yang bermanfaat dan bermakna, kamu juga bisa menyesuaikan barang tersebut dengan budget. Untuk memastikan hampers diterima dengan aman, jangan lupa untuk melengkapi hampers dengan asuransi pengiriman.

Asuransi pengiriman merupakan produk yang memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman. Kamu dapat memanfaatan asuransi pengiriman saat membeli barang secara online melalui platform e-commerce atau mengirim barang melalui kurir.

Leave a Reply