Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Studi: Darah Tinggi Tingkatkan Risiko Covid-19 yang Serius

Penelitian sebut puasa selama Ramadan bisa menurunkan tekanan darah tinggi.Ilustrasi tekanan darah tinggi. (source: Science News)

Topcareer.id – Tekanan darah tinggi lebih dari dua kali lipat memiliki risiko rawat inap selama infeksi COVID-19 dengan varian coronavirus Omicron, bahkan pada orang yang sepenuhnya divaksinasi dan booster, sebuah penelitian di AS menunjukkan.

Dokter di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles mempelajari 912 orang dengan COVID-19 ketika Omicron jadi varian dominan dan meskipun telah menerima setidaknya tiga dosis vaksin mRNA dari Pfizer/BioNTech atau Moderna, termasuk 145 yang memerlukan rawat inap.

Risiko penyakit parah meningkat pada orang dengan faktor risiko terkenal seperti usia yang lebih tua, gagal jantung atau penyakit ginjal, para peneliti melaporkan pada hari Kamis (21/7) di jurnal Hipertensi.

Lebih dari dua kali lipat kemungkinan bahwa seseorang dengan hipertensi yang mengalami COVID-19 perlu dirawat di rumah sakit.

Hipertensi terkait dengan “risiko substansial dan signifikan.”

“Kami terkejut mengetahui bahwa banyak orang yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 memiliki hipertensi dan tidak ada faktor risiko lain,” kata pemimpin studi Dr. Susan Cheng dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Penelitian: Pria Dengan Penghasilan Tinggi Lebih Mungkin Terkena Hipertensi

Sementara itu, infeksi varian Omicron dari virus corona pada trimester ketiga kehamilan terkait dengan peningkatan risiko kelahiran prematur.

Mereka yang didiagnosis setelah 34 minggu kehamilan kira-kira tujuh kali lebih mungkin untuk memiliki kelahiran prematur, menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Rabu di jurnal PLOS One.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply