Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Program Pelatihan Wirausaha Kemnaker Terbuka untuk UMKM, Cek Link Daftar

Menaker, Ida Fauziyah mengajak masyarakat yang butuh bantuan usaha untuk daftar ke program TKM.Menaker, Ida Fauziyah mengajak masyarakat yang butuh bantuan usaha untuk daftar ke program TKM. (dok. Kemnaker)

Topcareer.id – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyampaikan bahwa program-program pelatihan dari Kemnaker bersifat iklusif, sehingga terbuka juga bagi pelaku UMKM yang membutuhkan intervensi dalam upaya peningkatan, penguasaan, dan pengalihan kompetensi.

Sejak 2022, Kemnaker telah menggelar pelatihan peningkatan produktivitas untuk meningkatkan produktivitas pekerja, termasuk pekerja di sektor UMKM, di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP).

“Tentu sangat bisa para pelaku UMKM Shopee ikut banyak program pelatihan kewirausahaan di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker. Pelayanan program pelatihan ini dapat diakses melalui ekosistem ketenagakerjaan digital kami, yaitu SIAPKerja,” kata Menaker Ida dalam siaran pers, Rabu (6/9/2023).

Lebih lanjut Menteri Ida menjelaskan bagi pekerja ter-PHK tapi tak memiliki skill dan modal, namun masih berkeinginan memiliki usaha, Kemnaker memiliki program untuk mengembangkan UMKM melalui program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) pemula, yang memfasilitasi minat dan bakat kewirausahaan angkatan kerja.

“Kemnaker terus berperan aktif melakukan peningkatan kompetensi dan perluasan kesempatan kerja guna menekan laju angka pengangguran dengan memfasilitasi minat dan bakat kewirausahaan angkat kerja. Program bantuan TKM pemula ini, dapat diakses melalui portal online: bizhub.kemnaker.go.id,” jelas dia.

Baca juga: Ada 22 Juta UMKM Masuk E-Commerce, Naik 14 Jutaan Dibanding 2020

Selain TKM pemula, Kemnaker juga memiliki program pengembangan wirausaha untuk pengembangan dan keberlanjutan usaha melalui TKM Lanjutan berbasis perorangan untuk mengembangkan usaha yang telah dibangun melalui program TKM pemula.

Para TKM Lanjutan dapat mengikuti program business matching dan rekan-rekan Lanjutan menawarkan inovasi produk maupun jasa dengan para investor, pembeli, akselerator, dan mitra potensial lainnya dalam pengembangan usaha dan pembangunan jejaring kemitraan.

“Diharapkan dengan fasilitasi ini, rekan-rekan TKM Lanjutan dapat memperluas akses kemitraan yang dapat meningkatkan kpasitas usaha dan meningkatkan penyerapan angkatan kerja, ” kata Ida Fauziyah.

Ida Fauziyah menambahkan seluruh program pelatihan yang digelar Kemnaker telah melalui proses verifikasi dan akreditasi sehingga dapat dipastikan seluruh pelatihan terjamin secara kualitas.

Saat ini, Kemnaker memiliki 21 UPT Balai Pelatihan Vokasi yang tersebar di 15 provinsi seperti di Banten, Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan, dengan kejuruan unggulan seperti otomotif, manufaktur, TIK, elektro, listrik, welding dan lainnya.

“Dengan 3.812 program pelatihan tersedia di SIAPKerja, siap mengakomodir kebutuhan pelatihan vokasi dan peningkatan produktivitas di seluruh Indonesia. Program pelatihan ini dapat diakses secara gratis oleh masyarakat yang memenuhi persyaratan,” imbuh Menaker Ida.

Leave a Reply