Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

9 Tips untuk Jurnalis Cegah Stres saat Meliput Virus Corona

Ilustrasi. (dok,. NYTimes)

5. Ingatkan diri

Coba ingatkan diri sendiri bahwa pengalaman trauma yang dialami jurnalis tidak sebanding dengan pekerjaan baik yang kamu lakukan. Para peneliti telah menemukan ini dapat memerangi stres terkait pekerjaan.

“Para misionaris dan dokter ruang gawat darurat melihat hal-hal yang mengerikan sepanjang waktu, tetapi jika mereka percaya bahwa hal yang baik melebihi rasa tidak nyaman, maka mereka dapat merasionalisasi mengapa mereka mengalami ketidaknyamanan ini.”

6. Lebih khawatir ketika tidak terpengaruh oleh gambar, adegan, atau wawancara yang mengganggu

“Ketika kamu dapat mendengar cerita tentang rasa sakit dan tidak tergerak olehnya, saat itulah saya paling mengkhawatirkanmu. Itu berarti kamu telah terputus.”

Pemutusan sementara adalah mekanisme bertahan hidup untuk menyelesaikan pekerjaan, tetapi ketika kamu menutupnya, itu adalah tanda bahaya bahwa kamu telah mundur dari kenyataan.

Baca juga: Tips Bill Gates Atasi Corona: Tes Massal dan Lockdown

7. Waspadai konsumsi alkohol dan asupan makanan

“Ketika saya merasa stres, saya beralih ke cokelat hitam sebagai obat saya. Ketahui kecenderunganmu.” Jika mereka merusak, kamu dapat memutuskan untuk menghapusnya. Hadapi ketidaknyamanan, jangan mengobati dengan alkohol atau zat lain.

8. Bicaralah dengan orang yang dicintai

“Saya menikah dengan seorang jurnalis 26 tahun yang lalu. Salah satu putri kami adalah seorang jurnalis. Saya memberi tahu mereka sepanjang waktu bahwa saya bukan pembaca pikiran,” kata Sidney.

Jika kamu meliput sesuatu yang mengerikan hari ini, atau jika kewalahan di tempat kerja, kamu harus memberi tahu orang yang kamu cintai agar dapat membantumu menyelesaikannya, atau setidaknya memahami apa yang terjadi denganmu.

9. Jangan menunggu bos bertanya apakah kamu perlu cuti

“Terutama saat kami bekerja dari jarak jauh, bos mungkin tidak tahu bagaimana kinerjamu. Bicaralah. Dan mungkin yang lebih penting, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjaga rekan kerja tanpa menyertakan bos.”

Al dan Sidney telah mendengar dari jurnalis yang mengatakan bahwa dukungan rekan sebaya yang tidak diminta, itu berarti dunia bagi mereka.*

Editor: Ade

Leave a Reply