Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Penyakit-Penyakit Umum Bawaan yang Memperparah Covid-19 (Bagian 1)

Sumber foto: Medical News Today

Topcareer.id – Berdasar studi kasus dari para peneliti, ditemukan data bahwa pasien yang sudah tua dengan penyakit bawaan atau kondisi kesehatan yang buruk sebelumnya, lebih sering mengalami gejala virus corona yang parah.

Menurut sebuah laporan tentang karakteristik pasien dari National Institute of Health Italia yang dirilis 17 Maret 2020 lalu, 99% dari pasien Covid-19 yang meninggal memiliki setidaknya satu kondisi penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Berbagai kondisi yang sudah ada sebelumnya, dari penyakit jantung, diabetes tekanan darah tinggi hingga penyakit ginjal, ditemukan pada tingkat yang berbeda pada pasien yang telah meninggal.

Dilansir dari Business Insider, berikut beberapa masalah kesehatan yang dapat memengaruhi tingkat keparahan infeksi virus corona Covid-19.

Bagian pertama dari tulisan.

1. Hipertensi

76,1% pasien di Italia yang meninggal karena Covid-19 mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Meski banyak para ahli tidak yakin, namun ada kemungkinan orang dengan kesehatan jantung yang buruk memiliki risiko lebih tinggi untuk meninggal akibat virus.

Dokter percaya bahwa penambahan strain Covid-19 pada paru-paru juga dapat membebani jantung.

Orang-orang dengan masalah jantung memiliki kemungkinan mempunyai sistem kekebalan yang lebih lemah, dan virus itu memiliki efek negatif pada mereka yang menderita plak di pembuluh darah, menurut American Heart Association.

2. Penyakit jantung

Sepertiga dari Covid-19 meninggal karena penyakit jantung. Segala jenis kondisi kardiovaskular dapat membuat pasien lebih rentan terhadap penyakit parah akibat virus.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, American Heart Association mendesak pasien dengan kondisi jantung apa pun untuk melakukan tindakan pencegahan yang sama dengan semua orang, yakni cuci tangan secara menyeluruh, desinfeksi permukaan sentuhan tinggi, tinggal di rumah, dan tetap mengikuti tanggal vaksinasi, termasuk untuk flu.

3. Fibrilasi atrium (gangguan irama jantung)

Sekitar seperempat dari kematian akibat virus korona di Italia terjadi pada yang mengalami fibrilasi atrium. “Ini adalah detak jantung yang bergetar atau tidak teratur yang dapat menyebabkan pembekuan darah, stroke, gagal jantung, dan komplikasi terkait jantung lainnya,” menurut American Heart Association (AHA).

4. Diabetes

Diabetes adalah kondisi paling umum kedua di antara pasien Covid-19 yang meninggal. 35,5% memiliki penyakit ini. Tom Hanks, yang dites positif Covid-19 bersama istrinya Rita Wilson, menderita diabetes tipe 2.

Kondisi ini dapat memperburuk Covid-19 karena beberapa virus berkembang dengan kadar glukosa darah yang lebih tinggi, dan orang-orang dengan diabetes juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu, menurut Health.com.

5. Kanker aktif

Studi menyebut, 20,3% dari mereka yang meninggal menderita kanker aktif dalam lima tahun terakhir. Kanker dan perawatannya dapat merusak sistem pernapasan, dan membuat seseorang mengalami gangguan kekebalan.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply