Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Istilah-istilah Baru dan Aneh Muncul Saat Pandemi. Apa Saja?

Contoh hasil rapid test corona. (dok. ANTARA FOTO/Jojon/foc.)

5. Herd immunity

Belakangan ketika Indonesia mulai sedikit melonggarkan kebijakan social distancing, istilah herd immunity ini sering muncul. Sebenarnya, herd immunity ini berarti kekebalan kelompok. Namun, herd immunity ini bisa dicapai dengan pemberian vaksin secara luas. Atau, herd immunity terjadi jika sudah terbentuk kekebalan alami pada sebagian besar orang dalam satu kelompok.

6. Social Distancing

Saat pandemi, istilah ini juga mendunia. Social distancing sebenarnya adalah angkah-langkah yang diambil untuk memberikan jarak antarorang yang tujuannya untuk memperlambat penyebaran virus.

7. Physical Distancing

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mengganti frasa social distancing menjadi physical distancing pada 20 Maret 2020 untuk mengklarifikasi bahwa terdapat perintah tetap tinggal di rumah guna mencegah penyebaran virus corona. Menjaga jarak fisik bukan berarti seseorang memutus hubungan sosial dengan orang lain.

Baca juga: Tangani COVID-19, Sejumlah Tokoh Ulama Beri Pendapat pada Pemerintah

8. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Berdasar Peraturan Menteri Kesehatan yang dikeluarkan untuk penanganan pencegahan Covid-19, beberapa daerah di Indonesia memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB yang dimaksud meliputi pembatasan kegiatan di tempat umum seperti sekolah, kantor, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, juga moda transportasi.

9. New normal

Masa waktu hidup kita mulai kini terbagi dua: sebelum pandemi Covid-19 dan setelah pandemi Covid-19. Sebab, banyak tatanan hidup yang berubah gara-gara wabah corona. Pengecekan suhu, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain-lain, bepergian ke mana-mana pakai masker akan menjadi kebiasaan baru. istilah kerennya, new normal. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply