Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Traveling Sehat di Masa New Normal

Wisatawan sedang menuju obyek wisata Nami Island, Korea Selatan. Foto: Topcareer.id/Wulan

Topcareer.id – Ya, pandemi Covid-19 ini sudah pasti mengubur rencana jalan-jalanmu tahun 2020 yang mungkin sudah dipikirkan sejak jauh-jauh hari. Ketika pembatasan mulai dilonggarkan, ada celah untuk bisa jalan-jalan. Tapi ingat bahwa virus masih berkeliaran.

Jika kamu tertarik merencanakan perjalanan di saat pembatasan mulai mereda, kamu harus mengetahui dan mengikuti tips kesehatan perjalanan yang penting. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti agar tetap sehat saat bepergian.

1. Minumlah suplemen

Sulit untuk mempertahankan diet yang sehat saat bepergian. Kamu dapat menebus ini dengan memastikan untuk mengkonsumsi multivitamin, dan suplemen lain yang dimaksudkan untuk membantumu tetap sehat. Misalnya, suplemen tambahan untuk kekebalan tubuh, memberi tubuh peluang yang lebih baik untuk melawan infeksi.

2. Usahakan vaksinasi

Bergantung pada saat bepergian, mungkin ada vaksin yang tersedia untuk penyakit menular yang umum, seperti flu. Jika vaksin tersedia, kamu harus mencoba untuk mendapatkannya sebelum berangkat. Tapi, ingat lebih baik tidak bepergian jika kamu sakit seperti demam dan batuk.

Baca Juga: Saat Covid-19 Mereda, Ini 3 Jenis Pelancong Yang Bakal Duluan Traveling Ke Luar Negeri

3. Memahami risiko tempat tujuan

Saat memilih tujuan, perhatikan risiko spesifik yang ada di tempat tujuanmu. Apakah ada penyakit menular yang menyebar di kota ini? Apakah tingkat polusi sangat tinggi di sini? Ada berbagai ancaman yang dapat kamu mitigasi jika mengetahuinya terlebih dahulu.

4. Cuci tangan secara teratur

Cuci tangan secara teratur dengan sabun adalah kebiasaan yang baik meskipun kamu tidak bepergian. Tangan manusia adalah salah satu jalan paling umum untuk penularan penyakit, karena kita menggunakannya untuk menyentuh hampir semua hal di sekitar kita.

“Cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, terutama setelah kamu berada di tempat umum, setelah menyentuh permukaan yang sering disentuh orang lain, setelah batuk atau bersin, dan sebelum menyentuh wajah atau makanan,” menurut CDC.

Baca Juga: Baca juga: Gambaran Traveling Pasca Pandemi Corona (Bagian 1) dan Gambaran Traveling Pasca Pandemi Corona (Bagian 2)

5. Desinfektan apa pun yang kamu bisa

Luangkan waktu untuk mendisinfeksi permukaan saat bepergian, jika kamu bisa. Mendisinfektan furnitur hotel atau pintu ke restoran dapat membuatmu lebih terlindungi, dan membuatmu merasa lebih percaya diri pada saat yang sama.

6. Pilih akomodasi yang tepat

Pikirkan baik-baik akomodasi yang kamu pilih untuk perjalanan. Apakah maskapai penerbangan dan hotel pilihanmu baik dalam meminimalkan risiko kesehatan masyarakat? Upaya ekstra apa yang mereka ambil untuk menjaga agar tamu mereka tetap sehat?

7. Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi adalah salah satu hal paling penting yang dapat kamu lakukan untuk kesehatanmu, karena hidrasi yang memadai sangat penting untuk semua fungsi tubuh. Minumlah setiap kali kamu melihat air, dan pertimbangkan untuk membawa botol air sehingga kamu selalu dalam kondisi terhidrasi.

8. Tidur yang cukup

Kamu mungkin mengalami kesulitan tidur karena lingkungan baru atau karena stres bepergian, tetapi tidur 7 hingga 9 jam benar-benar dapat membantu menghilangkan stres, mempertahankan sistem kekebalan tubuh, dan merasa lebih sehat sepanjang hari.

Tips tambahan, cobalah meluangkan waktu untuk berolahraga atau melakukan gerakan-gerakan sederhana karena bisa menambah manfaat kesehatan selama bepergian. Tidak lupa untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan physical distancing (jaga jarak). * (RW)

Leave a Reply