Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Salah Satu Negara Kaya Minyak Ini Kini Terancam Kehabisan Uang Cash

Foto Ilustrasi

Di Kuwait, kebuntuan antara parlemen terpilih dan pemerintah telah menyebabkan kemacetan kebijakan. Anggota parlemen telah menggagalkan rencana untuk mengalokasikan kembali bantuan negara dan memblokir proposal untuk menerbitkan utang.

Sebaliknya, pemerintah hampir menghabiskan aset likuidnya, sehingga tidak dapat menutupi defisit anggaran yang diperkirakan akan mencapai hampir US $ 46 miliar tahun ini.

Ini merupakan penurunan bertahap untuk Kuwait, yang pada tahun 1970-an merupakan salah satu negara Teluk paling dinamis, dengan parlemen yang vokal, warisan kewirausahaan, dan orang-orang yang berpendidikan.

Kemudian ambruknya pasar saham informal tahun 1982 mengguncang ekonomi Kuwait dan bertepatan dengan ketidakstabilan dari perang Iran-Irak yang hampir berlangsung selama satu dekade. Kuwait memulai pengeluaran besar-besaran untuk membangun kembali setelah serangan Saddam Hussein yang menyebabkan Perang Teluk 1991. Butuh waktu bertahun-tahun agar minyak bisa mengalir dengan bebas lagi.

Baca Juga: Menaker: Lebih dari 3,5 Juta Pekerja Terdampak Covid-19

Kuwait masih mengandalkan hidrokarbon untuk 90% pendapatannya. Negara bagian mempekerjakan 80% pekerja Kuwait, yang berpenghasilan lebih tinggi dari rekan-rekan sektor swasta. Manfaat untuk tempat tinggal, bahan bakar dan makanan dapat mencapai US $ 2.000 sebulan untuk keluarga rata-rata. Gaji dan subsidi menyerap tiga perempat dari pengeluaran negara, yang sedang menuju defisit ketujuh berturut-turut sejak kemerosotan minyak tahun 2014.

Tabungan untuk Hidup
Kuwait memiliki uang banyak yang disimpan dalam dana yang tidak dapat dipecahkan, terbesar keempat di dunia dengan perkiraan US $ 550 miliar. Touching the Future Generations Fund, yang dirancang untuk memastikan kemakmuran setelah minyak habis, adalah proposisi yang kontroversial.

Beberapa orang Kuwait mengatakan waktunya telah tiba. Para penentang memperingatkan bahwa tanpa mendiversifikasi ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, tabungan akan habis dalam 15-20 tahun.

“Ini bukan masalah solvabilitas, meski dianggap kemarau uang,” kata Jassim Al-Saadoun, kepala Konsultan Ekonomi Al-Shall yang berbasis di Kuwait.

Kaya untuk Infinity

Dana kekayaan telah datang untuk menyelamatkan, membeli lebih dari US $ 7 miliar aset dari Departemen Keuangan dalam beberapa pekan terakhir. Parlemen menyetujui rencana untuk menghentikan, dalam tahun-tahun defisit, transfer tahunan 10% dari pendapatan minyak ke dana tersebut, membebaskan $ 12 miliar lagi, tetapi tidak cukup untuk menutupi kekurangan anggaran.

Untuk melakukan itu, pemerintah harus meminjam. Namun setelah penerbitan perdana Eurobond pada 2017, undang-undang utang publik Kuwait berakhir. Peringatan Al-Sheetan tentang gaji datang ketika dia mencoba, namun tidak berhasil meyakinkan anggota parlemen untuk mendukung rencana pinjaman hingga US $ 65 miliar.

Permintaannya bertepatan dengan serangkaian skandal korupsi, beberapa melibatkan anggota senior keluarga penguasa, dan anggota parlemen menuntut pemerintah mengakhiri korupsi sebelum menumpuk hutang.

Al-Sheetan adalah menteri keuangan keempat dalam beberapa tahun terakhir. Kuwait memiliki 16 pemerintahan dan tujuh pemilihan sejak 2006.

Kebuntuan telah merusak kepercayaan investor. Pada bulan Maret 2020, S&P Global Ratings menempatkan peringkat negara Kuwait pada pantauan negatif. Moody’s Investors Service mengikuti. IMF mengatakan bulan itu, “jendela peluang Kuwait untuk mengatasi tantangannya dari posisi yang kuat semakin menyempit”.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply