Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Benarkah Kacamata Bisa Lindungi Kamu dari Covid-19?

Kacamata dan lensa kontak. (dok. Feel Good Contacts)

Virus ini menyebar terutama melalui tetesan pernapasan ketika seseorang batuk, bersin, berbicara atau bahkan bernapas. Tetesan kecil yang mengandung virus didorong melalui udara untuk mencari inang lain, biasanya masuk melalui hidung atau mulut.

Tetapi ada peningkatan laporan pasien virus corona memiliki gejala mata seperti konjungtivitis (infeksi mata luar).

Mata memiliki lapisan pelindung lembab di sekelilingnya yang disebut selaput lendir. Bagian dalam hidung dan mulut memiliki selaput serupa yang melapisinya. Jika virus corona berhasil mendarat di salah satu selaput lendir ini, virus bisa melewatinya dan menginfeksi jamu. Jadi masuk akal jika mata bisa berperan sebagai portal masuknya virus corona.

Secara teoritis, memakai kacamata membentuk penghalang ekstra di depan mata kita, melindunginya dari tetesan pernapasan yang terinfeksi. Para profesional perawatan kesehatan memakai kacamata di lingkungan medis berisiko tinggi untuk alasan yang sama.

Tapi, kacamata mereka menawarkan segel yang rapat di sekitar area mata dari cipratan dan tetesan, sedangkan kacamata lain biasanya hanya menawarkan perlindungan dari depan, namun bagian atas dan bawah mata rentan.

Untuk alasan ini, memakai kacamata tidak boleh dianggap sama seperti memakai kacamata pengaman. Pusat Perlindungan dan Pengendalian Penyakit (CDC) merekomendasikan kacamata pelindung yang sesuai di tempat kerja berisiko tinggi, tetapi melanjutkan dengan mengatakan bahwa pekerja harus memahami bahwa kacamata resep biasa dan lensa kontak tidak dianggap sebagai pelindung mata.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply