Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Aman Gunakan Gadget di Rumah selama Pandemi

Ilustrasi. (dok. CNBC)

Topcareer.id – Pandemi Covid-19 telah membuat kita semua semakin bergantung pada teknologi nirkabel. Baik yang sedang bekerja dari jarak jauh, bersekolah secara online, atau yang sekadar ingin tetap berhubungan dengan keluarga dan teman.

Tanpa disadari, kita semua kini jadi lebih bergantung pada Wi-Fi dan layanan seluler.

Yang perlu diingat, meskipun teknologi ini dapat memberdayakan kita untuk terus bekerja, belajar, dan bersosialisasi saat berada di rumah dengan aman, mereka juga diam-diam memiliki risiko tersendiri lho.

Ponsel dan router Wi-Fi mengandalkan bidang elektromagnetik non-pengion dalam rentang frekuensi radio, atau RF-EMF, untuk mengirimkan sinyal secara nirkabel. Jenis radiasi ini telah dikaitkan dengan kanker otak, gangguan emosi dan hiperaktif pada anak-anak, hingga migrain.

Organisasi Kesehatan Dunia sejauh ini mengkategorikan radiasi frekuensi radio sebagai kemungkinan karsinogenik bagi manusia. Tetapi penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

Nah, untuk menghindari ancaman-ancaman tersebut, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ambil, seperti dikutip dari Ewg.org, Sabtu (20/11/2020).

  • Gunakan headset atau speaker phone sehingga kamu tidak perlu menempelkan ponsel ke kepala saat berbicara.
  • Jauhkan ponsel, tablet, dan perangkat nirkabel lainnya dari tubuh kamu, bahkan saat tidak digunakan. Jangan simpan ponsel di saku, pakaian, atau di pangkuanmu.
  • Pertahankan perangkat dalam mode pesawat sebisa kamu. Mintalah anak-anak untuk menjaga perangkat mereka dalam mode pesawat saat bermain game.
  • Pastikan sinyal kamu kuat. Lebih sedikit baris sinyal, berarti lebih banyak radiasi lho. Itu karena ponsel harus bekerja lebih keras untuk memancarkan sinyalnya. Jadi, coba gunakan Wi-Fi untuk menyambungkan jika sinyal internet kamu lemah.
  • Buat ruang terpisah untuk router Wi-Fi kamu. Jangan menyimpannya di kamar tidur atau di samping meja kantor.

Yuk, tetap terkoneksi tanpa mengorbankan kesehatan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply