Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Soal Vaksin, Pemerintah Pilih Edukasi ketimbang Memberi Sanksi

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden

Topcareer.id – Untuk mencapai herd immunity (kekebalan komunitas) terhadap virus corona, Pemerintah menilai lebih penting mengedukasi masyarakat mengenai vaksin ketimbang memberikan sanksi bagi mereka yang menolak melakukan vaksinasi.

“Sebelum menjatuhkan sanksi atau denda, kita harus membuat masyarakat mengerti pentingnya vaksinasi Covid-19, dengan begitu masyarakat juga dapat ambil bagian dalam upaya melindungi diri sendiri dan juga negaranya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, pada Kamis (14/1/2021).

Lebih lanjut Wiku mengatakan, hingga saat ini masih ada masyarakat yang belum memahami manfaat dari vaksin Covid-19 itu sendiri. Padahal vaksinasi adalah salah satu bentuk intervensi medis untuk melindungi masyarakat dari paparan virus corona.

“Masyarakat juga sebenarnya tidak tahu apa yang sedang terjadi dan kenapa harus adanya program vaksinasi. Dan ini menjadi tantangan kita bagaimana menyampaikan pemahaman yang sulit dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti masyarakat umum,” imbuhnya.

Ditambah lagi ada sekelompok orang yang masih meragukan manfaat vaksin, meski berasal dari kalangan terdidik. Sehingga Wiku menegaskan pentingnya mengedukasi masyarakat secara konsisten dan terus menerus, hingga menyentuh seluruh lapisan masyarakat.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply