Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Indonesia Retail Summit 2022, Upaya Memulihkan Sektor Ritel Paska Pandemi

Topcareer.Id – Pemulihan ekonomi saat ini terus berlangsung. Termasuk industri ritel dan ekonomi kreatif.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk membangkitkan kembali sektor ritel yang terdampak pandemi Covid-19, adalah dengan menggelar Indonesia Retail Summit 2022, yang berlangsung pada 15-16 Agustus 2022 di Gedung Sarinah, Jakarta.

Ajang ini diinisiasi Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), yang bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

PT WIR ASIA Tbk, perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara yang telah mendapatkan 5 (lima) paten global untuk AR yang teregistrasi pada Patent Cooperation Treaty (PCT), adalah salah satu perusahaan yang berpartisipasi.

Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer WIR Group mengatakan, “Industri ritel terutama offline retailer termasuk sektor yang sangat merasakan dampak pandemi. Untuk itu, kami berkomitmen mendukung segala upaya pemulihan sektor ritel mengingat kontribusinya terhadap perekonomian nasional selama ini.”

“Dengan dukungan WIR Group, melalui pengembangan metaverse dan teknologi AR, VR dan AI, kami akan memberikan pengalaman metaverse dan ekosistem O2O (online to offline) yang komprehensif. Kami meyakini, upaya pemulihan hanya bisa berjalan baik melalui upaya kolaboratif dengan melibatkan beragam pihak, termasuk industri digital.”

Lebih lanjut Gupta menambahkan, “Selama pandemi, sejumlah ritel terutama yang bergerak di food & beverages dan kebutuhan pokok, telah mencoba beradaptasi dengan mengadopsi dan mengoptimalkan teknologi digital untuk membantu penjualannya. Namun, tantangan ke depan akan semakin berat, karena tuntutan transformasi digital bukan lagi sekadar adopsi teknologi, melainkan juga menghadirkan peluang-peluang dan pengalaman baru bagi masyarakat.”

“Sebagai perusahaan yang sejak awal fokus pada pengembangan teknologi AR, VR dan AI, WIR Group melalui partisipasinya di Indonesia Retail Summit ingin membagikan pengalaman dan pengetahuan serta menunjukkan bagaimana teknologi tersebut berhasil membantu klien-klien kami di sektor ritel.”

Baca juga: Daniel Surya Dinobatkan sebagai Tokoh Bisnis Berpengaruh di MAW Talk Award 2022

Indonesia Retail Summit 2022 yang diselengarakan bersamaan dengan Hari Jadi Sarinah akan diisi oleh kegiatan konferensi yang menghadirkan sejumlah tokoh bisnis, pameran ritel, pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) ke-6, serta peresmian Hari Retail Modern Indonesia (Harmoni).

Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum Hippindo menjelaskan, gelaran Indonesia Retail Summit 2022 merupakan upaya membantu pemulihan ekonomi nasional dengan fokus membangkitkan kembali retail offline melalui kolaborasi dengan produk lokal maupun global.

Kegiatan yang baru diselenggarakan pertama kali ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk memaksimalkan industri ritel agar bisa tumbuh secara optimal.

“Program Indonesia Retail Summit ini akan digelar setiap tahun dan semoga bisa menjadi sarana bagi industri ritel di Indonesia untuk berkembang, meningkatkan daya saing dan meraih peluang tidak hanya pada tingkat nasional, tetapi juga kancah internasional,” tandas Budihardjo.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply