Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini 8 Faktor Kamu Nggak Kunjung Dipromosikan Jadi Manajer (Bagian 1)

Kecerdasan yang dimiliki orang sukses, bukan hanya IQ dan EQ.Work. Dok/payscale.com

Topcareer.id – Kamu mungkin sudah berada di perusahaan untuk beberapa tahun. Kamu secara konsisten mendapatkan umpan balik yang bagus dan telah mengambil lebih banyak tanggung jawab. Tapi, dengan semua hal itu, kamu masih juga belum mendapatkan promosi yang diinginkan.

Ternyata, ada faktor lain selain kinerja pekerjaan dan masa kerja yang membuatmu dipromosikan. Melansir laman Glassdoor, berikut ini mungkin faktor-faktor kenapa kamu tidak dipromosikan meski dengan kinerja yang baik.

1. Promosi tidak berdasarkan masa kerja

Kamu mungkin melihat rekan kerja dipromosikan hanya setelah satu atau dua tahun, tetapi di sini kamu tidak mendapat promosi setelah tiga atau bahkan lima tahun. Lamanya waktu bekerja bukanlah alasan mereka dipromosikan.

“Banyak karyawan menyamakan waktu dalam posisi (mereka) sebagai kriteria utama untuk promosi ketika saya berpendapat bahwa itu adalah salah satu faktor yang lebih kecil secara keseluruhan,” kata Jill Santopietro Panall, konsultan SDM dan pemilik 21Oak HR Consulting, LLC, mengutip Glassdoor.

Jika kamu tidak yakin apa yang perlu dilakukan untuk memajukan karier, bicaralah dengan manajermu untuk memulai pembicaraan tentang pertumbuhanmu.

2. Mengambil kredit: Mengadvokasi diri sendiri

Alasan lain mengapa orang dilewatkan selama masa promosi? “Mereka tidak berbicara untuk diri mereka sendiri, atau mereka meminimalkan pekerjaan yang mereka lakukan,” kata Natasha Bowman, Kepala Konsultan di Performance ReNEW.

“Ketika orang mengatakan ‘Oh, itu bukan apa-apa,’ atau meminimalkan upaya mereka, mereka melatih orang lain untuk menganggap kontribusi mereka kecil,”

Baca juga: Coba Deh Lakuin Hal Ini Biar Kamu Lebih Akrab Dengan Si Bos

Tidak apa-apa untuk bangga. Menurut Bowman, ambil kredit atas usahamu dan orang akan mulai mengenali pencapaianmu. Cari tahu cara menerima pujian atas pekerjaanmu dan lacak pencapaian dan kemajuanmu sehingga kamu dapat menunjukkan kesuksesan dan pertumbuhanmu.

3. Bos tidak bisa membaca pikiran

“Tidak semua karyawan benar-benar menginginkan promosi. Sementara promosi seringkali datang dengan gaji yang lebih tinggi, mereka juga datang dengan lebih banyak tanggung jawab,” kata Mary Grace Gardner, ahli strategi karier di The Young Professionista.

Sebagian besar karyawan, kata dia, sudah puas dengan posisi mereka saat ini. Jadi jika kamu tidak memberi tahu atasan bahwa kamu ingin bergerak ke depan, mereka mungkin tidak tahu bahwa itulah yang kamu inginkan.

Temui penyelia dan beri tahu mereka tentang jalur pertumbuhan yang kamu inginkan. Tanyakan kepada mereka apa langkah selanjutnya untuk mendapatkan promosi ke tingkat berikutnya dan apa yang perlu kamu lakukan untuk mencapainya.

4. Tidak menunjukkan keterampilan kepemimpinan

Promosi tidak hanya jabatan baru, tetapi sering berarti mengawasi dan mengelola pekerja lain. Meski kamu mungkin hebat dalam pekerjaanmu saat ini, jika kamu belum menunjukkan bahwa kamu bisa menjadi pemimpin dan manajer yang efektif, kamu mungkin tidak dipertimbangkan untuk promosi

“Jika mereka tidak menunjukkan bakat untuk memimpin dan juga tidak melakukan upaya bersama untuk mencoba memperoleh keterampilan itu, saya tidak akan memindahkan mereka ke peran lanjutan hanya karena mereka menginginkannya atau mereka telah berada di perusahaan selama beberapa waktu,” kata Santopietro Panall.

Belajar dari contoh yang diberikan oleh manajer baik lainnya di perusahaan. Asah komunikasi manajerial dan keterampilan membangun timmu.

Leave a Reply