Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini 8 Faktor Kamu Nggak Kunjung Dipromosikan Jadi Manajer (Bagian 2)

Topcareer.id – Kamu mungkin sudah berada di perusahaan untuk beberapa tahun. Kamu secara konsisten mendapatkan umpan balik yang bagus dan telah mengambil lebih banyak tanggung jawab. Tapi, dengan semua hal itu, kamu masih juga belum mendapatkan promosi yang diinginkan.

Ternyata, ada faktor lain selain kinerja pekerjaan dan masa kerja yang membuatmu dipromosikan. Melansir laman Glassdoor, berikut ini mungkin faktor-faktor kenapa kamu tidak dipromosikan meski dengan kinerja yang baik.

5. Menganalisis tinjauan kinerja sebelumnya

“Banyak klien saya mengatakan ‘Saya memberi semua orang nilai 5 pada ulasan mereka, mereka semua melampaui batas!’ tetapi itu tidak memberi wawasan atau ruang kepada siapapun untuk berkembang,” kata Santopietro Panall, konsultan SDM dan pemilik 21Oak HR Consulting.

Jika kamu memiliki ulasan kinerja yang bagus, tetapi tidak ada promosi, ulasanmu mungkin tidak memberi tahumu apa yang perlu kamu kerjakan untuk naik ke level berikutnya.

Jika kamu telah menerima ulasan kinerja yang luar biasa secara konsisten, tetapi belum meningkat dalam karier, inilah saatnya untuk melakukan percakapan jujur dengan manajer tentang kekuatan dan kelemahanmu, apa kriteria untuk promosi, dan bagaimana kamu dapat mencapai tujuan tersebut.

6. Menanggapi umpan balik

Kritik yang membangun bisa menjadi pukulan bagi egomu dalam jangka pendek, tetapi kritik itu penting untuk pertumbuhan karier dalam jangka panjang.

“Jika (seorang karyawan) bersikap defensif ketika ada yang mencoba memberi mereka kritik — pantas atau tidak — itu adalah indikator yang baik bagi penyelia mereka bahwa mereka tidak terbuka untuk berkembang di posisi senior. Jika mereka ingin dipromosikan, mereka harus mau menerima dan menggunakan umpan balik untuk meningkatkan kinerja mereka,” kata Bowman.

Ketika menerima kritik, tetap tenang dan tahan keinginan untuk berdebat tentang benar atau tidaknya setiap aspek.

Baca juga: Tips Minta Izin Sakit Ke Atasan Dan Contoh Kalimatnya

7. Tidak mempertimbangkan gambaran besarnya

Terkadang sepertinya yang bisa kamu lakukan hanyalah menjaga pikiran tetap tenang dengan tugas, proyek, dan rapat sehari-hari. “Ketika orang menghabiskan semua sumber daya mereka dengan fokus pada detail kecil atau terlalu terpaku pada proyek mereka sendiri, mereka kehilangan kesempatan untuk mengembangkan pemikiran strategis mereka,” kata Bowman.

Manajer harus bisa melihat gambaran besarnya. Pertimbangkan tujuan strategis yang lebih besar untuk tim, departemen, dan bahkan perusahaanmu dan bagaimana kamu dapat membantu mendorong pekerjaan menuju tujuan tersebut.

8. Tetap di zona nyaman

Kamu mungkin tidak dipromosikan karena kamu terlalu fokus pada tanggung jawab deskripsi pekerjaanmu saat ini. Untuk membuktikan bahwa kamu layak mendapat promosi, kamu perlu menunjukkan kemampuanmu untuk melampaui posisimu, menurut Gardner.

Jika kamu memiliki lebih banyak tanggung jawab di tempat kerja tetapi tidak ada promosi, manajermu mungkin percaya bahwa kamu puas dengan posisimu saat ini. Tunjukkan kepada atasan bahwa kamu ingin maju dan dapat menerapkan pekerjaanmu ke skenario yang lebih menantang.

Leave a Reply