Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Wisman ke Bali Bakal Kena Biaya Retribusi Rp150 Ribu, Ini Kata Menparekraf

Ilustrasi kunjungan wisatawan mancanegara yang akan dikenakan biaya retribusi Rp150 ribu.Ilustrasi kunjungan wisatawan mancanegara yang akan dikenakan biaya retribusi Rp150 ribu. (dok. Kemenparekraf)

Topcareer.id – Rencananya, wisatawan mancanegara (wisman) yang akan mengunjungi Bali bakal dikenakan biaya retribusi sebesar Rp150 ribu. Wacana itu didukung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Menurut Menparekraf, pemberlakukan penarikan biaya retribusi Rp150 ribu bagi wisman yang berkunjung ke Bali bertujuan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan serta tradisi dan budaya yang menjadi daya tarik utama sektor pariwisata di Bali.

“Tujuannya baik, agar wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali yang targetnya 4,5 juta wisman tahun ini turut berkontribusi dalam upaya melestarikan budaya kita, konservasi alam, dan juga (konservasi) lingkungan dan budaya. Mudah-mudahan ini bisa kita sosialisasikan,” kata Menparekraf dalam siaran pers, Senin (17/7/2023).

Dalam kesempatan serupa, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun menjelaskan biaya retribusi yang rencananya akan diberlakukan pada 2024 ini sedang dibahas dengan DPRD Bali.

Baca juga: Menaker Lepas Delegasi RI Ke Singapura, Ikut Ajang World Skill ASEAN

Lebih lanjut Tjok Bagus menambahkan, biaya kontribusi ini ditetapkan berlandaskan Undang-undang Nomor 15 tahun 2023 tentang Provinsi Bali.

“Dasar kami mengusulkan (retribusi) ini adalah untuk menjaga alam dan budaya Bali agar tetap berkelanjutan sehingga Bali bisa terus dinikmati oleh wisatawan,” ujar Tjok Bagus.

Tjok Bagus menjelaskan, pembayaran biaya retribusi ini nantinya bisa dilakukan wisman yang ingin berkunjung ke Bali melalui E-Payment.

“Nanti sebelum wisatawan sampai di Bali retribusi ini bisa dibayar menggunakan barcode yang sudah kita siapkan,” tandas dia.

Leave a Reply