Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 2, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Biar Nggak Gampang Bimbang Ambil Keputusan, Pelajari 6 Keterampilan Ini

Ilustrasi hindari kebimbangan saat ambil keputusan.Ilustrasi hindari kebimbangan saat ambil keputusan.

Topcareer.id – Pengambilan keputusan adalah komponen penting dari kesuksesan di setiap jenjang dalam tangga karier. Ya, mulai dari magang hingga tingkat CEO atau presiden. Ambil keputusan besar atau individual dalam pekerjaan akan berpengaruh pada perusahaan.

Mungkin kamu pernah merasa plin-plan atau bingung ketika dihadapkan pada kondisi saat ambil keputusan. Kamu perlu memahami jenis keterampilan apa yang membuat seseorang menjadi pembuat keputusan yang kuat. Berikut beberapa keterampilannya seperti dilansir dari laman The Muse.

1. Pemecahan masalah

Pelatih Executive, Debbie Radish-Respess mengatakan, memahami variabel yang mempengaruhi keputusan sangat penting, seperti juga memahami dampak dari setiap keputusan yang mungkin kamu buat. Mampu mengevaluasi dan memecahkan masalah adalah dasar untuk membuat sebagian besar keputusan.

2. Penilaian

Tentu saja, kamu tidak dapat mengevaluasi apapun secara memadai tanpa penilaian yang baik. Kemampuan untuk melihat situasi dengan jelas, mengidentifikasi potensi masalah dan solusi, menyadari potensi bias, dan memprediksi hasil dan dampak akan membantu membuat keputusan yang lebih baik.

3. Intuisi

Mempercayai instingmu bisa menjadi awal yang baik, kata Radish-Respess. Naluri kita sering didasarkan pada pengalaman kehidupan nyata kita dan pelajaran yang telah kita pelajari di sepanjang jalan. Kita tidak selalu punya banyak waktu untuk membuat keputusan, dan pada saat-saat ketika pemikiran cepat diperlukan, intuisi kita bisa sangat berharga.

Baca juga: Sukses Interview Kerja, Ini Faktor-Faktor Yang Bikin Dipercaya Di Menit Pertama

4. Kerja tim

Radish-Respess mengatakan, kolaborasi, kepercayaan, dan rasa hormat membantu tim membuat keputusan penting. Ketika berfokus pada kiriman klien, misalnya, kamu harus bekerja dengan klien, dan seringkali anggota tim lainnya, untuk mencari tahu apa yang dicari klien, cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan bagaimana meningkatkan kualitas proyek secara keseluruhan.

Begitu banyak keputusan yang kamu buat di tempat kerja memerlukan masukan dari rekan kerja dan persetujuan dari atas saat bekerja menuju tujuan bersama.

5. Kecerdasan emosional

Seperti halnya intuisi, emosi kita sering kali dapat berfungsi sebagai panduan ke mana kita harus pergi. Ketika kamu dilanda ledakan kegembiraan, atau gelombang kepanikan yang tiba-tiba, ada baiknya mendengarkan emosi-emosi itu dan mengikutinya ke mana mereka mengarah. Tapi itu melampaui kesadaran diri.

Saat kamu bekerja dengan tim untuk membuat keputusan penting, menyesuaikan diri dengan emosi dan reaksi orang lain dapat membantumu mengumpulkan informasi yang tepat, mengevaluasi opsi, dan akhirnya memilih jalan ke depan.

6. Manajemen waktu

Penjadwalan, manajemen proyek, dan tenggat waktu membantu pengambil keputusan mengatasi masalah, tantangan, dan proyek yang paling mendesak secara tepat waktu, kata Radish-Respess.

Ketika kamu tahu apa tenggat waktumu, kamu dapat mengidentifikasi langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuanmu tepat waktu.

Leave a Reply